3 Aplikasi Remote Untuk Smartphone Dan Tablet

Smartphone atau tablet Android terkini sudah dibekali dengan fitur atau aplikasi remote untuk perangkat elektronik seperti TV, DVD, Sound Sysytem, Home Theater hingga Air Conditioner. Dengan mengkoneksikan perangkat melalui Bluetooth, WiFi atau IR (InfraRed/infra merah). Anda akan terbantu oleh gadget yang bisa digunakan untuk mengganti channel siaran TV.

Namun, tidak semua ponsel/tablet memiliki fasilitas bawaan remote. Namun masih ada cara lain untuk menjadikan gadget sebagai remote TV/AC dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga yang tersedia di Play Store. Beberapa brand elektronik bahkan turut menawarkan aplikasi remote untuk menghubungkan gadget Anda dengan perangkat elektronik besutan mereka. Berikut daftarnya:

1. IR Remote
Aplikasi yang bisa diunduh di Google Play Store ini merupakan salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk mengatur atau mengganti channel siaran TV. Dalam IR Remote, terdapat beberapa opsi menu dimana pengguna bisa memilih ‘IR Database’ yang menampilkan daftar brand produk TV lalu piih brand TV yang Anda gunakan. Setelah itu, IR Remote akan menampilkan interface/antarmuka sebuah remote TV seperti TV konvensional dimana pengguna dapat mengganti channel siaran atau mengatur volume suara.

2. Samsung IR-Universal Remote
Aplikasi ini memiliki fungsi untuk menjadikan smartphone/tablet sebagai remote TV, AC, DVD Player, BlueRay, Home Theater, Sound System, HiFi, Xbox 360 dan masih banyak lagi. Penggunaannya cukup mudah karena tampilan fitur remote ini disesuaikan dengan antarmuka remote control sesuai dengan brand dan tipe produk yang bersangkutan. Menggunakan koneksi InfraRed, Anda bisa mengatur semua fitur perangkat elektronik rumah dari ponsel seperti memakai remote control bawaan.

3. LG TV Remote
LG Electronics memberikan aplikasi remote control bagi para pemilik Smart TV merek LG. LG TV Remote akan membantu Anda mengontrol semua fitur di Smart TV langsung dari ponsel maupun tablet. Bukan hanya menampilkan Home TV, Anda juga bisa mengatur channel hiburan khusus, mengatur volume, bahkan berbagi/sharing apa yang Anda saksikan ke jejaring sosial. Untuk menghubungkan fitur remote control ini, Anda harus menggunakan koneksi WiFi antara gadget dan TV yang bersangkutan.

loading...