5 Trik Cara Menghindari Penipuan Saat Belanja di Toko Online

belanja-onlineAkhir tahun 2011 sudah didepan mata. Diakhir tahun biasanya orang-orang memanfaatkan untuk liburan ke luar kota atau sekedar untuk berbelanja. Dengan semakin berkembangnya teknologi dan dunia internet, kini berbelanja tak harus lagi dilakukan secara offline atau bertemu dengan penjual ditempat mereka. Toko online pun kini semakin banyak dan berkembang. Dengan semakin banyaknya toko online yang ada, kita jadi lebih mudah mencari dan memilih barang sesuai keperluan yang akan dibeli. Namun demikian seiring dengan semakin banyaknya toko online, makin banyak juga penipu-penipu yang berkedok toko online, aplagi di akhir tahun seperti sekarang ini. Oleh karena itu kita harus jeli memilih tempat untuk belanja online jika tidak mau tertipu.

Berikut ini 5 trik cara menghindari penipuan saat belanja di toko online :

  1. Jangan pernah berbelanja pada Toko Online yang menggunakan Website/Blog gratisan. Logika saja, mereka menjual barang yang katanya bernilai ratusan juta, kenapa untuk memiliki website resmi yang modalnya hanya sekian ratus ribu tidak bisa ? Disini sudah tergambar ketidakprofessionalan mereka.
    Ciri Website/Blog gratisan dengan domain blogspot, wordpress, co.cc, tk dll (meskipun tidak semuanya toko online yang menggunakan layanan gratis ini adalah penipu)
  2. Jangan pernah berbelanja langsung lewat facebook. Meskipun beriklan lewat Facebook, akan tetapi sebuah Toko Online yang benar akan selalu mengarahkan calon konsumen ke Website Resmi mereka.
    Facebook sebagai Ajang portal social network telah banyak dijadikan sebagai wadah penipuan, dan sudah banyak yang menjadi korbannya.
  3. Pelajari status toko, yakni bisa dicek langsung ke lokasi atau bertanya pada keluarga atau teman yang kebetulan sama kota dengan si pedagang atau setidaknya pada orang yang kita kenal yang pernah berbelanja di toko online tersebut.
  4. Jangan pernah berbelanja dengan Toko Online yang menutup diri mereka dengan dalih ini dan itu. Hal yang demikian hanyalah tipu daya untuk lempar batu lalu sembunyi tangan. Anda sebagai korban akan sangat susah mendapatkan si Penipu
  5. Selalu browsing di google tentang status toko tsb.
    Cari semua informasi mulai dari Nama, Nomor HP, Rekening dll, sebab di Internet biasanya telah ada Data Record Penipuan

Semoga informasi cara menghindari penipuan saat belanja di toko online ini bermanfaat.

loading...