6 Tips Cara Atasi Serangan Malware di Komputer

Cara Atasi Serangan Malware di KomputerSemua orang yang menggunakan komputer, entah itu menggunakan Internet, email, instant messenger, atau yang lainnya, akan sangat berkemungkinan terkena malware. Malware seperti virus, adware, trojan horse, dan spyware sekarang bisa sangat mudah masuk ke komputer karena semua konektivitas dan popularitas perangkat penyimpanan portabel.

Malware dapat membahayakan sistem dan memiliki kemampuan untuk campur tangan dalam keamanan sistem. Bila dibandingkan dengan virus biasa, maka malware jauh lebih berbahaya, karena malware dapat memberikan jalan bagi banyak program berbahaya lainnya untuk masuk ke dalam sistem. Selain itu, malware dapat juga dikatakan sebagai wabah karena memengaruhi sebagian besar komputer. Setelah komputer terinfeksi malware, semua komputer yang lain yang berinteraksi langsung atau tidak langsung dengannya bisa terinfeksi juga. Komputer yang terinfeksi akan mengalami penurunan performa.

Lalu, bagaimana cara mengatasi serangan malware di komputer?

  1. Pastikan Anda mem-backup datadi komputer secara rutin. Malware tidak hanya dapat mencuri informasi perbankan atau informasi pribadi lainnya, tetapi juga dapat menghapus seluruh isi komputer bahkan membuat komputer menjadi tidak berfungsi alias rusak.
  2. Jangan pernah membuka file attachment ataupun link yang berasal dari sumber yang tidak dikenal, termasuk attachment di email dan instant message.
  3. Sebelum membuka file, scan terlebih dahulu file tersebut dengan antivirus. Jangan lupa untuk selalu meng-update antivirus Anda secara rutin.
  4. Perbarui sistem keamanan dan web browser Anda dengan patch terbaru.
  5. Hapus semua pesan yang tidak dikenal, jangan membukanya.
  6. Jika tiba-tiba salah satu teman yang ada dalam daftar instant messanger mengirimkan pesan aneh, file, ataupun link yang mencurigakan, jangan dibalas ataupun membuka link tersebut. Segera tutup saja window chat tersebut.

Semoga informasi tentang cara mengatasi serangan malware di komputer diatas bermanfaat.

loading...