7 Cara Agar Tetap Sehat & Fit Saat Menjalankan Puasa Ramadhan

Puasa Ramadhan bukan menjadi alasan untuk bermalas-malasan karena badan menjadi terasa lemas sehingga mengganggu kegiatan sehari-hari. Puasa Ramadhan seharusnya justru bisa menjadi penyemangat untuk semakin giat bekerja dan beribadah kepada Allah.

Agar badan bisa tetap sehat dan fit sehingga tidak mengganggu kegiatan puasa Ramadhan, berikut ini 7 tips cara agar badan bisa tetap sehat dan fit saat sedang menjalankan puasa Ramadhan:

1. Gunakan menu sehat dan seimbang saat buka dan sahur
Saat sahur dan berbuka puasa, konsumsi karbohidrat 50-60 persen, protein 10-20 persen, lemak 20-25 persen, ditambah vitamin dan mineral dari sayur dan buah.

2. Cukupi cairan tubuh
Konsumsi cairan dengan porsi yang sama saat anda tidak berpuasa yaitu 8 gelas sehari. Minumlah 3 gelas saat sahur dan 5 gelas lagi saat berbuka sampai sebelum tidur. Bila perlu minum minuman isotonik bervitamin.

3. Mengatur porsi pembagian makanan
Puasa itu sebenarnya hanya memindahkan waktu makan. Jika biasanya sarapan, makan siang, dan makan malam, maka di bulan Ramadhan waktu makan berubah menjadi saat buka dan sahur. Pembagian makan yang tepat selama puasa adalah 50 persen saat berbuka dan sesudah salat magrib, 10 persen setelah salat tarawih, dan 40 persen pada waktu sahur.

4. Saat berbuka, konsumsi makanan yang bisa segera menaikkan gula darah
Berbukalah dengan yang manis, misalnya teh manis, kurma, atau kolak pisang. Makanan manis mengandung karbohidrat sederhana yang mudah diserap dan segera menaikkan kadar gula darah yang turun karena 14 jam berpuasa. Selanjutnya setelah salat magrib, konsumsilah makanan lengkap sehat seimbang: nasi atau pengganti nasi, ayam/ikan/daging, tahu/tempe, sayuran, dan buah.

5. Persiapkan camilan yang sehat
Jika anda punya hobi ngemil, anda bisa tetap meneruskan kebiasaan tersebut. Anda bisa menyiapkan camilan berupa buah-buahan atau roti yang dimakan setelah salat tarawih.

6. Jangan lupa makan sahur
Usahakan untuk selalu makan sahur sebelum berpuasa. Anda bisa mengkonsumsi hidangan sahur seperti waktu buka, namun dengan porsi yang lebih kecil. Sahur yang baik membuat puasa tidak terasa berat.

7. Makan sebelum tidur malam
Siapkan makanan yang praktis sebelum tidur malam. Siapkan buah yang bisa langsung diasup seperti pisang, jeruk, atau apel yang sangat bermanfaat pada saat anda buru-buru sahur menjelang imsak. Jangan lupa minum air secukupnya. Dengan demikian, kita tetap mendapat manfaat sahur dan tubuh tetap segar sepanjang siang.

Semoga informasi tentang 7 tips cara agar badan bisa tetap sehat dan fit saat sedang menjalankan puasa Ramadhan diatas dapat bermanfaat untuk anda dan keluarga. Selamat menjalankan puasa Ramadhan.

loading...