Aceh Gempa 8,5 SR – Beredar Foto Palsu Akibat Gempa Aceh di Twitter

Foto dan Gambar Gempa Aceh 14 April 2012Gempa Aceh pada 11 April 2012 dengan kekuatan 8.5 SR. Sebelumnya, BMKG mencatat gempa berkekuatan 8,9 skala Richter (SR) kemudian merevisi menjadi 8,5 SR. Sementara itu United States Geological Survey (USGS) mencatat gempa tersebut dengan magnitud 8,7.

Menurut situs BMKG, gempa terjadi pada Rabu 11 April 2012 pada pukul 15.38 WIB dengan kedalaman 10 km. Lokasi pusat gempa pada 2.31 Lintang Utara, 92,67 Bujur Timur.

Beredar Foto Palsu Akibat Gempa Aceh 14 April 2012

Para pengguna Twitter tampaknya tak mau ketinggalan untuk ikut berlomba menyebarkan informasi gempa yang terjadi di Aceh tersebut. Salah satu yang dilakukan adalah dengan menyebarkan foto akibat gempa yang timbul. Salah satunya adalah foto yang menggamparkan kerusakan berupa jalan yang merekah akibat gempa. Sayangnya ternyata gambar yang menunjukkan jalan raya yang pecah atau terbelah akibat gempa dengan kendaraan melintas di sisinya tersebut adalah palsu.

Dugaan palsunya gambar itu terpantau melalui pencarian di TinEye. Menurut pencarian TinEye, gambar yang sama dengan olahan tambahan telah dimuat di situs kantor berita Antara pada 2010.

Twitter memang bisa menjadi alat untuk menyebarluaskan informasi secara cepat. Namun, pengguna juga perlu waspada dan memperhatikan akurasi informasi yang disebarluaskan.

loading...