Bagaimana Cara Membedakan Daging Sapi dengan Daging Babi?

Setiap bulan suci Ramadhan datang menjelang harga daging sapi biasanya selalu melonjak naik. Hal ini pulalah yang menyebabkan beberapa oknum penjual nakal kemudian mengoplos daging sapi dengan daging babi yang harganya relatif jauh lebih murah.

Penjualan daging babi oplosan merupakan kegiatan yang ilegal, sehingga biasanya daging ini tidak di display di meja penjualan. Daging ini biasanya dikeluarkan ketika ada pembeli yang menanyakan, “apakah ada daging murah pak?” sehingga kita pantas menaruh curiga bila ada penjual yang menjual daging dengan harga “miring”. Sifat yang lain juga adalah lokasi penjualan yang biasanya di tempat yang gelap dan cukup terpisah dari yang lainnya supaya daging tidak menjadi pusat perhatian orang banyak.

Untuk membedakan antara daging sapi dengan daging babi, kita bisa membedakannya berdasarkan dari warna dan serat dagingnya, elastisitas lemak, tekstur daging, dan juga aroma dari kedua daging tersebut.

1. Membedakan daging sapi dengan daging babi berdasarkan warnanya

Perbedaan daging sapi dan daging babi

Warna daging babi mirip atau mendekati seperti warna daging ayam, warna daging babi lebih pucat jika dibandingkan dengan warna daging sapi. Meski demikian perbedaan warna ini tidak dapat dijadikan pegangan karena biasanya penjual daging oplosan akan mengkamuflasekan (mengaburkan) dengan melumuri daging oplosan tersebut dengan darah sapi, walau kamuflase ini dapat dihilangkan dengan perendaman dengan air. Selain itu, ada bagian tertentu dari daging babi yang warnanya mirip sekali dengan daging sapi sehingga sangat sulit membedakannya.

2. Membedakan daging sapi dengan daging babi melalui serat daging

Cara Membedakan Daging Sapi dengan Daging Babi

Serat daging sapi tampak padat dan garis-garis serat terlihat jelas. Sedangkan pada daging babi terlihat samar dan sangat renggang. Perbedaan ini semakin jelas ketika kedua daging direnggangkan bersama

3. Membedakan daging sapi dengan daging babi melalui elastisitas lemak

Cara Membedakan Daging Sapi dan Daging Babi

Lemak daging sapi lebih kaku dan berbentuk, sementara daging babi memiliki tekstur lemak yang lebih elastis. Perlu diketahui juga bahwa lemak pada babi sangat basah dan sulit dilepas dari dagingnya, sementara lemak daging sapi agak kering dan tampak berserat (lihat gambar). Namun perlu anda ketahui bahwa pada bagian tertentu seperti ginjal, penampakkan lemak babi hampir mirip dengan lemak sapi.

4. Membedakan daging sapi dengan daging babi berdasarkan tekstur dagingnya

Apa Perbedaan Antara Daging Sapi dengan Daging Babi

Tekstur daging sapi lebih kaku dan padat, sementara daging babi lebih lembek dan mudah diregangkan. Saat dipegang maka akan terasa perbedaan yang nyata antar keduanya karena terasa sekali daging babi sangat kenyal dan mudah dibenyekkan. Sementara daging sapi terasa solid dan keras sehingga cukup sulit untuk diregangkan.

5. Perbedaan daging sapi dengan daging babi berdasarkan aroma
Daging babi memiliki aroma khas tersendiri, sementara aroma daging sapi adalah anyir seperti yang telah kita ketahui.

Sebenarnya cara membedakan daging sapi dengan daging babi melalui aro ini adalah cara yang paling ampuh. Namun sayangnya kemampuan membedakan aroma ini membutuhkan latihan dan pengalaman yang cukup.

loading...