Bagaimana Cara Membuka Halaman Web atau Situs yang Diblokir?

Pernah nggak suatu ketika Anda membuka halaman web, blog atau situs tertentu namun saat membukanya justru yang tampil hanya pesan “Our systems have detected unusual traffic from your computer network. Please try your request again later. Why did this happen?” yang disertain juga alamat IP Address yang sedang digunakan? Nggak tahu kenapa beberapa waktu ini sepertinya terjadi setelah saya upgrade windows dari XP ke windows 7 dan menggunakan browser mozilla 7, saya jadi sering mengalamai masalah saat membuka halaman web, blog atau situs tertentu justru malah black atau tidak ada tampilannya, dan hanya menampilkan pesan seperti tadi saya katakan dari google “Our systems have detected unusual traffic from your computer network. Please try your request again later. Why did this happen?” dengan disertakan no IP address.

membuka-halaman-web-yang-di-blokir

Selidik punya selidik hasil dari baca-baca setelah nyari informasi ini dikarenakan banyaknya orang yang mengakses atau menggunakan IP publik tersebut. Seperti yang kita ketahui, di Indonesia ini kebanyakan koneksi internetnya menggunakan share publick IP yang artinya, hanya ada 1 (satu) IP Public yang digunakan untuk mengakses internet secara bersama sama, hal ini mirip dengan koneksi warnet yang menggunakan 1 modem dengan 1 IP Publik untuk 25 client yang mereka layani, namun yang kita alami saat ini adalah penggunaan shared public ip dalam skala sebesar suatu negara. Untuk penjelasan lebih lengkap mungkin Anda bisa baca sendiri di salah satu blog kompasiana, baca disini.

Lalu kenapa harus tampil pesan ini? Pesan tersebut merupakan peringatan yang muncul pada saat anda ingin mengakses blog anda adalah hasil kerja dari fitur antivirus baru milik google. Yang harus anda ketahui juga adalah, Blogspot, tempat anda ngeblog selama ini, merupakan salah satu layanan yang dimiliki oleh google, maka dari itu, Blogspot pun tak luput dari screening antivirus baru ini. Tidak hanya blogspot, semua web juga akan discan oleh antivirus milik google dan bila ternyata mencurigakan maka saat membukanya akan muncul pesan tersebut.

Bagaimana untuk mengatasi masalah atau menghilangkan pesan “Our systems have detected unusual traffic from your computer network. Please try your request again later. Why did this happen?” sehingga kita dapat mengakses halaman tersebut?

Untuk mengatasi hal ini ada 2 metode yang bisa kita gunakan, yang pertama adalah menggunakan VPN alias Virtual Private Network , namun cara ini terlalu canggih dan mahal untuk digunakan, untuk metode kedua adalah dengan menggunakan proxy.

Proxy yang saya maksud disini adalah Transparant Proxy dan Anonymous Proxy. Bedanya antara transparant dan anonymous adalah, transparant proxy biasanya kita setting melalui pengaturan browser yang kita miliki, sedangkan anonymous proxy penggunaannya mirip dengan penggunaan google translate, yang secara otomatis menterjemahkan isi blog sesuai dengan bahasa yang kita inginkan.

Untuk cara menggunakan Anonymous proxy maka kita harus membuka halaman web dari penyedia web proxy. Misalnya adalah menggunakan Zend2.com, YouHide.com, VectroProxy.com, dll. Misalnya kita gunakan Zend2.com, untuk menggunakannya silahkan kunjungi halaman web Zend2.com kemudian Anda masukkan URL blog yang tidak bisa dibuka.

Bagaimana cara menggunakan transparant proxy?

Transparant proxy bisanya berupa alamat alamat IP diikuti Nomor Port yang harus kita masukkan kedalam pengaturan network di browser yang kita gunakan. Silahkan buka http://nntime.com/proxy-country/Indonesia-01.htm untuk mendapatkan daftar transparant proxy “Fresh Proxy List. Indonesia Proxy”.

cara-membuka-halaman-web-yang-di-blokir

Selanjutnya pilih IP Address proxy yang alamatnya paling dekat dengan lokasi kita (tujuannya sih biar semakin dengan semakin cepat aksesnya). Misalnya kita gunakan 110.138.211.53:8080

Kemudian di browser (saya gunakan mozilla) buka Tools -> Options -> Advanced -> Network -> Settings – > Manual Proxy Configurations – > HTTP Proxy: 110.138.211.53 dan Port: 8080 -> Klik OK.

cara-setting-proxySekarang coba buka alamat atau halaman web yang tadi tidak bisa dibukan. Semoga sukses. Jika tidak berhasil coba gunakan alamat proxy lainnya.

bagaimana cara buka situs yang diblokir modem smartfren, bagaimana membuka situs yang diblokir
 

No Comment to “Bagaimana Cara Membuka Halaman Web atau Situs yang Diblokir?”

  1. udinese says:

    info yg bgs trim kasih gan

  2. nana suhena p says:

    terima kasih banyak….tapi pakai AHA ga bisa open web yang telah dirujuk

Leave your comment here:

Share