Cara Flush DNS di Windows XP, Vista, 7, Mac OSX dan Linux

Bagi yang memiliki blog dengan menggunakan domain sendiri tentu pernah melakukan perubahan DNS domain. Dan yang terjadi adalah saat kita merefresh browser ternyata tidak menimbulkan efek dari perubahan DNS tersebut terhadap DNS yang baru kita ubah. Kejadian ini biasanya terjadi selama beberapa menit dan bahkan bisa sampai sehari setelah kita ubah DNS domain namun setelah kita coba refresh browser berkali-kali tetap tidak terlihat perubahannya. Bahkan setelah kita clear history-nya.

Hal ini terjadi karena komputer masih menyimpan cache DNS domain kita yang lama. Cache ini biasanya akan hilang dalam beberapa menit atau beberapa jam setelah perubahan DNS dilakukan. Selain karena cache di komputer, lama atau tidaknya efek perubahan DNS ini juga tergantung dari registrar tempat domain di register. Jika supportnya baik maka hanya dalam beberapa menit proses perubahan DNS akan selesai dilakukan. Nah, bila dalam beberapa jam ternyata tetap belum terlihat efek perubahan DNSnya maka kita bisa melakukan Flush DNS.

Cara Melakukan Flush DNS

Flush DNS adalah perintah untuk melakukan perubahan pada komputer yang sedang kita gunakan agar dapat menyesuaikan informasi perubahan yang terjadi pada suatu Domain, NameServer, DNS dan Website yang belum terlihat data terbaru setelah adanya perubahan data meskipun kita telah berulang kali melakukan Refresh Browser yang kita gunakan.

Cara Melakukan Flash DNS di Windows XP, Vista, 7, Mac OSX dan Linux
Untuk masing-masing sistem operasi komputer memiliki cara yang berbeda untuk melakukan Flush DNS. Sebelum melakukan FLush DNS, matikan atau tutup aplikasi yang sedang dijalankan (misalnya browser atau email). Selanjutnya ikuti langkah cara melakukan Flush DNS berikut ini:

Cara Flush DNS di Windows Vista dan Windows 7
Klik pada icon Start kemudian All Programs > Accessories, cari Command Prompt. Klik kanan pada Command Prompt dan pilih “Run as Administrator”. Ketika layar hitam muncul, ketik perintah berikut dan tekan enter.

ipconfig /flushdns

Cara Flush DNS di Windows XP
Klik Start menu, Run, ketik cmd dan klik OK. Ketika layar hitam muncul, ketik perintah berikut dan tekan enter.

ipconfig /flushdns

Cara Flush DNS di Mac OSX
Buka folder Applications >> Utilities >> dobel klik pada Terminal. Ketik perintah berikut dan tekan enter.

dscacheutil -flushcache

Jika tidak berfungsi gunakan oerintah berikut ini

lookupd -flushcache

Cara Flush DNS di Linux
Untuk Linux, masing-masing distribusi Linux biasanya memiliki perintah yang sedikit berbeda. Jadi silahkan gunakan salah satu perintah berikut ini:

/etc/init.d/nscd restart

atau

sudo /etc/init.d/nscd restart

atau

sudo /etc/init.d/dns-clean start

atau

sudo service nscd restart

atau

/etc/rc.d/init.d/nscd restart

Setelah proses Flush DNS selesai dilakukan, silahkan coba jalankan browser.

loading...