Cara Membuat Recycle Bin di Flashdisk Agar File yang Dihapus Tidak Langsung Hilang

Saat kita menghapus file di harddisk komputer, umumnya file yang dihapus tidak langsung bener-benar dihapus, melainkan akan ditempatkan ke dalam Recycle Bin atau Trash. Tidak demikian dengan apa yang terjadi jika kita menghapus file yang disimpan di media portable seperti flashdisk. File yang dihapus tidak akan masuk ke Recycle Bin atau Trash terlebih dahulu sebelum benar-benar dihapus, namun file akan langsung hilang. Hal ini tentu sangat merepotkan, karena untuk mengembalikan data terhapus tersebut harus menggunakan upaya recovery yang tidak sederhana yang bisa jadi proses recovery tidak akan berhasil karena file sudah tertumpuk dengan file lainnya.

membuat-file-recycle-bin-di-flashdisk

Cara Membuat Recycle Bin di Flashdisk Agara File yang Dihapus Tidak Langsung Hilang

Sebagai salah satu solusi untuk mengatasi agar file yang dihapus di flashdisk tidak langsung benar-benar hilang maka kita bisa menggunakan software kecil dan portabel bernama iBin yang dibuat pleh Augusto Croppo. Anda bisa download software iBin di www.autohotkey.net. Kemudian untuk cara penggunaannya ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Setelah Anda download file iBin.zip, ekstrak dan pindahkan file iBin.exe ke flashdisk. FIle iBin.exe tidak akan bisa dijalankan jika tidak dipindahkan ke flashdisk.
  2. Jalankan file iBin.exe dengan cara double klik. Software iBin akan berjalan pada mode background.
  3. Lakukan beberapa konfigurasi iBin dengan cara klik kanan pada ikon iBin di taskbar Windows, lalu pilih “Cutom Options”.
  4. Pada kotak dialog iBin Custom Options kita dapat mengatur kapasitas tampungan sementara di bagian “Space Limit” (defaultnya 10% dari space flashdisk), serta mengaktifkan iBin secara otomatis ketika flashdisk dihubungkan ke komputer dengan klik tombol menu “Set a Start up command in Autorun.inf”. Kemudian klik tombol “Save” untuk mengaktifkannya konfigurasi tersebut.
  5. Saat Anda menghapus file di flashdisk akan ada menu popup pilihan apakah akan benar-benar dihapus dari flashdisk atau akan dihapus dan dimasukkan ke folder iBin.
  6. Untuk mengembalikan file yang terhapus, klik kanan ikon iBin di taskbar Windows lalu pilih “Dumping Management”. Klik pada file yang akan dikembalikan, lalu klik tombol “Recycle Data Selected”.

Pada file iBin yang Anda download tadi, disertakan juga panduan penggunaan software iBin secara lengkap dalam bentuk PDF. Silahkan dibaca untuk lebih lengkapnya bagaimana cara menggunakan software iBin.

cara agar file yang dihapus tidak masuk ke recycle bin, cara mengatur jika file flashdisk yang akan di hapus masuk ke recicle been, cara menghapus file yang file dari flashdisk yang tidak dapat dipindahkan ke trash, file di flashdisk dihapus tidak ada di recycle bin
 

No Comment to “Cara Membuat Recycle Bin di Flashdisk Agar File yang Dihapus Tidak Langsung Hilang”

  1. No Comment yet. Be the first to comment...
Leave your comment here:

Share