Cara Memperbaiki Kartu Memori yang Rusak

Cara Memperbaiki Memory Card atau Kartu MemoriHampir setiap handphone kini memiliki fasilitas untuk ditambahkan memori eksternal, memory card. Memori card ini berfungsi sebagai tempat instalasi aplikasi tambahan ataupun sebagai media penyimpanan seperti foto, musik, video atau lainnya.

Meski harga memori card kini semakin murah, namun tentunya sayang bila suatu ketika memori card kita mengalami kerusakan seperti hang/rusak sehingga tidak bisa digunakan untuk menyimpan file atau bila memori card dipasang di handphone menjadikan handphone tidak bisa berfungsi normal.

Kebanyakan penyebab memori card rusak adalah karena sistem file yaitu memory corrupt yaitu konten yang tidak dapat terdeteksi atau tidak bisa dibuka. Untuk mengatasi hal tersebut maka mau tak mau kita harus memformat ulang. Adapun caranya adalah:

  1. Hubungkan flashdisk atau kartu memori ke komputer
  2. Cari drive kartu memori (lihat di menu Windows Eksplorer), misalnya pada drive (D,E,F,G,H atau lainnya). Jika memori sudah terbaca, klik tombol kanan mouse, kemudian pilih menu “Format”.
  3. Selanjutnya muncul pilihan jenis format (FAT, FAT32 dan NTFS), pastikan untuk memilih sistem format file FAT.
  4. Klik tombol “Format Now” dan tunggu hingga selesai.

Namun jika muncul pesan “error” kemudian PC tidak bisa memformat lagi meski sudah dicoba berkali-kali, maka gunakan cara lain yaitu dengan format lewat menu Command Line.

Adapun cara format memori card melalui Command Line adalah sebagai berikut:

  1. Di PC, klik Start >> Run, dan ketik CMD. Kemudian akan muncul jendela Command pada mode DOS prompt.
  2. Selanjutnya ketik FORMAT h: / FS:FAT
    (h=drive letak kartu memori, jika kartu memori terletak di drive g, maka tulis g)
  3. Tunggu hingga selesai.

Jika sudah menggunakan sistem ofrmat melalui Command Line namun masih muncul masalah pada kartu memori, maka kemungkinan ini terjadi kerusakan fisik dalam sistem penyimpanan memori card tersebut. Mau tak mau kita harus menggantinya dengan yang baru.

cara memperbaiki kartu memori hang, mengatasi memori hang, memori tidak berfungsi, kartu memory hank, kartu memory hang, Kartu memori hang, hp dipasang memori kartu media gagal diperbaiki, Cara perbaiki kartu memori yang hang, cara mengatasi kartu memory yg heng, Cara mengatasi handphone yang hang ketika memori card dipasang
 

No Comment to “Cara Memperbaiki Kartu Memori yang Rusak”

  1. doni says:

    ada ga cara lain selain FORMAT memori?
    supaya memorinya tetap bisa dibaca?

Leave your comment here:

Share