Cara Memperbaiki Setrika Listrik yang Rusak

Cara Memperbaiki Kerusakan pada Seterika ListrikDulu orang menggunakan arang kayu sebagai bahan bakar pemanas setrika. Namun dengan seiring berjalannya perkembangan teknologi, muncullah setrika listrik yang lebih praktis. Dengan menggunakan setrika listrik, menyetrika jadi lebih cepat dan hemat waktu. Masalahnya adalah setrika listrik seringkali mengalami kerusakan. Kerusakan pada setrika listrik terjadi karena adanya gangguan pada komponen pendukung yang ada didalam setrika tersebut.

Beberapa kerusakan yang sering terjadi pada setrika listrik adalah seperti:

  1. Setrika tidak mau mati, sistem otomatisnya bermasalah
  2. Setrika mati total, tidak ada panas sama sekali
  3. Setrika nyetrum pada body

Adapun kerusakan dan cara penanganan yang sering terjadi seperti berikut:

1. Setrika tidak mau mati, sistem otomatisnya bermasalah
Permasalahan ini muncul jika setting thermostat-nya berubah, entah karena sudah lama beroperasi ataupun jatuh. Sehingga kita perlu mengatur ulang setpoint thermostat tersebut.

Cara penyetingan, putar dulu posisi pengatur sampai posisi yang diinginkan. Setelah itu putar sekrup pada tuas dengan memutar pelan-pelan sampai saklar bimetal menutup (ON). Saklar menutup dapat diketahui dengan suara klik atau mengukur menggunakan avometer.

2. Setrika mati total, tidak ada panas sama sekali
Kemungkinan pertama yang sering terjadi adalah kabel tegangan putus karena terpilin. Kemungkinan kedua, elemen pemanas/heatar putus, ganti dengan yang baru. Pemilihan bentuk heater disesuaikan ukuran dan sudut lengkungnya. Model heater lama berbentuk pipih seperti kertas, namun model baru heater logam berbentuk U. Ukur resistansi kabel, thermo fuse dan heater menggunakan ohm meter.

3. Setrika nyetrum pada body
Kejadian ini yang harus kita waspadai, gejala kerusakan setrika ini terjadi karena ada hubung singkat antara sumber tegangan ke bodi logam setrika. Kemungkinan terbesar adalah terkelupasnya kabel tegangan dan isolasi dari heater bocor (ada tegangan bocor heater yang rusak).

Caranya Ukur salah satu terminal dengan bodi logam setrika menggunakan ohm meter dengan skala mega ohm. Jika nilai yang tertera di bawah 1 mega ohm, sudah pasti ada lilitan heater yang terhubung ke bodi. Saran saya ganti heater dengan yang baru.

 

No Comment to “Cara Memperbaiki Setrika Listrik yang Rusak”

  1. No Comment yet. Be the first to comment...
Leave your comment here:

Share