Cara Mencegah & Menghindari Kejahatan Cyber di Dunia Maya

Banyak orang khawatir jika jika akun e-mail mereka dibobol. Hal ini karena dalam e-mail biasanya banyak berisi informasi pekerjaan, billing statement, foto pribadi, dan masih banyak lagi. Banyak celah (kejahatan) yang bisa masuk hanya dengan melalui e-mail.

Untuk mencegah kejahatan yang terjadi di dunia maya, seperti misalnya dibobolnya akun e-mail, berikut ini beberapa tips cara mencegah dan menghindari kejahatan di dunia maya:

1. Buat password yang kuat
Untuk membuat password sebaiknya jangan menggunakan nama atau tanggal lahir. Agar lebih kuat dan sulit ditebak, gunakanlah password dengan kombinasi huruf, angka, dan simbol. Jangan lupa, gantilah password secara berkala. Cara ini berlaku untuk semua jenis akun, baik itu akun e-mail, maupun media sosial seperti facebook atau twitter.

2. Cek data kartu kredit dan data bank secara reguler
Transaksi bank kini bisa dilakukan secara online. Bahkan, banyak data transaksi bank yang kini dikirimkan melalui e-mail. Jadi, tidak ada salahnya kalau Anda melakukan pengecekan transaksi di rekening bank secara berkala.

Tujuannya tentu saja adalah agar Anda bisa dengan cepat mengetahui apabila ada transaksi yang tidak wajar. Jika terjadi transaksi yang mencurigakan, segeralah menghubungi pihak bank dan melakukan pemblokiran. Anda juga bisa mengajukan komplain ke pihak bank agar transaksi tersebut dibatalkan.

3. Jangan sembarangan mengklik link
Semakin lama semakin banyak tindak kejahatan online, salah satunya adalah dengan menyebar link yang mengarah ke situs phising. Sebelum mengklik link, pastikan bahwa link tersebut berasal dan menggunakan alamat yang benar.

Situs phising sangat mirip dengan situs aslinya. Bedanya terletak di alamat situs. Sebagai contoh, terdapat situs dengan nama www.faceb00k.com. Situs semacam ini digunakan untuk mencuri username dan password dari korbannya.

Jika Anda mendapatkan e-mail berisi link dari orang yang mencurigakan, sebaiknya Anda segera menghapus e-mail tersebut.

4. Gunakan antivirus dan up-date selalu
Antivirus kini tidak hanya sekedar berfungsi untuk menghalau dan membunuh program-program berbahaya. Namun Antivirus juga bisa digunakan untuk melindungi Anda dalam kegiatan berinternet. Antivirus bisa memberitahu apakah sebuah link dan situs tersebut berbahaya atau tidak.

 

No Comment to “Cara Mencegah & Menghindari Kejahatan Cyber di Dunia Maya”

  1. No Comment yet. Be the first to comment...
Leave your comment here:

Share