Cara Mengatasi Mata Cepat Lelah

Mata lelah bisa terjadi karena terus menerus mempekerjakan mata Anda, misalnya dengan terus menerus bekerja di depan komputer. Mata lelah sebenarnya tidak membutukan perawatan khusus karena biasanya akan sembuh dan normal kembali dengan sendirinya.

Berikut ini beberapa tip cara mengatasi mata lelah seperti diungkapkan Dr. Mirriam Stoppard dalam bukunya berjudul Parenting Guide.

  • Saat Anda harus bekerja yang mengharuskan melihat dekat, sesekali istirahatkan mata dengan memandang ke arah lain.
  • Jika mata menjadi sakit dan kering setelah melihat dekat (karena lupa untuk sering mengejapkan mata), kejapkan saja mata beberapa kali untuk membasahi bola mata dengan air mata dan melenyapkan kekeringan.
  • Palming (meletakkan tangan menutupi mata agar mata beristirahat) tidak membahayakan, namun mengistirahatkan mata dengan sering memejamkan mata merupakan metode yang sama efektif untuk menyegarkan dan melegakan mata.
  • Setelah lama menangis, mengompres kelopak mata dengan air dingin akan membantu meredakan mata bengkak yang tak nyaman.
  • Menggosok mata tidak membahayakan, asalkan tidak ada benda asing dalam mata dan mata tidak terasa sakit akibat digosok.

Semoga tips cara mengatasi mata lelah di atas bisa bermanfaat.

loading...