Cara Mengetahui dan Mendeteksi Aplikasi Palsu di Google Play

Cara Mengetahui dan Mendeteksi Aplikasi Palsu di Google Play StoreCara Mengetahui dan Mendeteksi Aplikasi Palsu di Google Play StoreBanyaknya scam dan malware yang ada di toko aplikasi khusus Android, Google Play Store, adalah karena kurang/lemahnya filterisasi sehingga banyak para developer nakal yang memanfaatkannya dengan menyusupkan program jahat kedalam aplikasi mereka untuk kemudian diunggah ke Google Play.

Oleh karena itu, agar perangkat Android yang kita gunakan tidak terinfeksi oleh malware, maka ada baiknya bila kita memastikan bahwa aplikasi yang kita download adalah bersih dari malware.

Berikut ini adalah tips cara mengetahui dan mendeteksi keberadaan malware atau scam di Google Play, setidaknya cara ini bisa untuk meminimalisir kemungkinan tersebut.

1. Baca komentar yang masuk

Jika komentarnya banyak namun cenderung sama atau tata bahasanya berantakan, hal ini perlu diperhatikan karena bisa jadi scammer yang melakukan itu atau si developer nakal sendiri yang mengomentarinya.

2. Rating aplikasi

Waspadalah dengan aplikasi baru yang dengan cepat langsung dapat rating 4 sampai 5 bintang. Untuk memastikannya kita harus membaca komentar yang ada dan memastikan reputasi si developer.

3. Reputasi pengembang aplikasi (developer)

Ketahui siapa si developer aplikasi tersebut. Google Play menyediakan tombol “Visit Developer’s” Website yang membawa Anda ke situs resmi developer. Pastikanlah bahwa Anda dibawa ke situs atas nama developer tersebut.

Jika ternyata kita dibawa ke situs yang tidak valid, kita bisa menebak sendiri bahwa developer tersebut tidak bertanggung jawab.

4. Permintaan untuk mengakses data pribadi

Meski ada beberapa aplikasi yang memang meminta data pribadi ketika sudah meng-install, namun jika aplikasi meminta data lokasi, ini bukanlah indikasi adanya malware atau scam.

Yang harus diperhatikan dan patut diwaspadai adalah jika ada aplikasi sederhana namun ia meminta izin hak akses untuk sejarah browser, akun GMail, kontak, akses internet, atau identitas telepon.

Kita boleh saja mengizinkan sebuah aplikasi mengakses data pribadi jika memang sifat aplikasi tersebut relevan dengan data yang diminta. Namun jika permintaan dirasa tidak relevan, ada baiknya untuk tidak memberi izin.(kompas)

Semoga informasi tips cara mengetahui dan mendeteksi aplikasi palsu di Google Play Store diatas dapat bermanfaat.

loading...
mendeteksi aplikasi palsu