Cara Mengetahui dan Menghapus Malware di Blog

Selama ngeblog, baru hari ini saya tahu ada salah satu blog saya yang terkena malware. Lewat Google Webmaster saya ketahui bahwa malware mulai terdeteksi sejak 18 April 2012, namun baru saya ketahui hari ini 20 April karena iseng-iseng cek statistik blog tiba-tiba trafik anjlok.

Cara Menghapus Malware di Blog

1. Install anti-virus atau anti-malware di komputer
Komputer yang terinveksi malware bisa jadi juga akan menularkan malware ke website. Proses infeksi berjalan ketika kita mengedit blog/template atau saat login ke cPanel hosting. Pastikan komputer kita bebas virus, bebas malware, badware, trojan, dll.

2. Cek dan ketahui malware lewat Google Webmaster Tool
Pastikan blog kita sudah terdaftar di Google Webmaster Tool. Selanjutnya silahkan login ke Google Webmaster Tool, pilih website yang terindikasi terkena malware kemudian pilih Diagnostics >> Malware. Disitu nanti Google akan menginformasikan alamat URL yang sudah terinfeksi.

3. Hapus Malware di Blog
Silahkan buka template atau URL blog yang oleh google terindikasi terinfeksi malware. Silahkan baca cara menghapus kode script malware diblog.

4. Laporkan malware di blog
Setelah berhasil menghapus script kode malware di blog silahkan lapor ke Google Webmaster. Langkah caranya sama seperti no.2 yaitu pilih website yang terindikasi terkena malware kemudian pilih Diagnostics >> Malware >> klik “Request a review”.

Anda tinggal menunggu blog anda berjalan normal kembali dan dapat diakses dari mana saja tanpa ada peringatan bahwa blog anda mengandung malware berbahaya.

loading...