Cara Mengganti Layar LCD pada Notebook

Salah satu masalah yang sering terjadi pada notebook adalah layar LCD rusak, bisa karena mati, deadpixel, lcd pecah atau lainnya. Jangan terburu-buru mengganti notebook hanya karena layarnya rusak. Kita bisa mengganti layara LCD dengan LCD bekas jika ada atau bisa juga dengan mengganti layar lcd dengan yang baru. Kita bisa membawanya ke tempat service komputer untuk mengganti layar lcd atau bisa juga kita ganti sendiri jika merasa yakin bahwa Anda bisa menggantinya.

Untuk mengganti layar lcd sendiri, Anda hanya membutuhkan sebuah obeng kembang kecil, ketenangan dan layar display baru (atau bekas). Anda bisa mendapatkannya di layanan purna jual dari merk notebook bersangkutan atau mencarinya langsung di toko-toko notebook bekas.

Cara Mengganti Layar LCD pada Notebook

1. Menyingkirkan Blind
Mencari sekrup: Layar LCD biasanya dikelilingi oleh 4 hingga 8 lapisan pelindung plastik atau karet. Lepaskan sekrup secara hati-hati dengan obeng minus atau kembang.

cara-ganti-lcd

2. Menyingkirkan bingkai penutup
Setelah semua sekrup di lepaskan, singkirkan bingkai penutup layar. Biasanya hanya dikencangkan dengan klip. Mulailah dari bagian paling bawah layar (engsel layar). Disini, obeng minus dan sedikit tekanan keatas sudah memadai untuk melepaskannya.

cara-melepas-lcd

3. Melepaskan Display dari Bingkai
Empat sekrup dikiri dan kanan menahan display dengan rel dalam penutup notebook. Lepaskan sekrup-sekrup ini. Apabila layar juga ditahan oleh pita perekat, singkirkan sekalian. Kini anda dapat mengeluarkannya secara hati-hati dari rel dengan kedua tangan.

melepas-lcd

4. Menyingkirkan kabel Data
Sinyal listrik pada layar pada circuit board terjadi melalui kabel pita dari chip graphics. Sambungan ini juga bisa diperkuat dengan pita perekat. Dibagian bawah layar biasanya ada steker 2 pin untuk power suplay penerangan latar belakang. Tariklah kedua kabel dengan hati-hati keluar.

panduan-pasang-layar-lcd-notebook

5. Memasang Display Baru
Untuk memasang Display tinggal ulangi langkah diatas dengan urutan terbalik…

Apabila anda kurang yakin dapat memasang sendiri, Anda dapat memanfaatkan jasa penggantian yang dilakukan langsung oleh teknisi profesional. Harga untuk layar pengganti tergantung dari model notebook. Umumnya berkisar satu juta keatas.

cara melepas lcd notebook
 

No Comment to “Cara Mengganti Layar LCD pada Notebook”

  1. No Comment yet. Be the first to comment...
Leave your comment here:

Share