Cara Menghilangkan Bau Amis atau Prengus pada Daging Kambing

Hari raya Idul Adha identik dengan daging kambing. Itu karena pada hari raya Idul Adha ada banyak orang menyembelih kambing sebagai hewan Qurban untuk kemudian dagingnya dibagi-bagikan ke masyarakat yang kurang mampu.

Daging kambing bisa diolah menjadi sate, gulai ataupun jenis masakan lainnya. Namun tidak semua orang paham cara mengolah daging kambing. Akibatnya, bau prengus muncul meski masakan sudah jadi dan terhidang di meja makan. Selera makan pun jadi berkurang.

Untuk menghilangkan bau prengus daging kambing, sebaiknya daging kambing yang akan diolah tidak langsung dicuci. Karena daging yang langsung dicuci bisa membuat bau prengus itu lebih awet.

Nah, sebaiknya masukkan terlebih dahulu daging kambing tersebutu ke dalam panci yang sudah berisi air mendidih. Masak sampai berbuih. Kemudian buang buih-buih itu dengan sendok sampai habis.

Cara tersebut selain untuk menghilangkan bau, juga konon bisa untuk mengurangi kandungan kolesterol yang ada dalam daging kambing.

Langkah selanjutnya adalah peras dan lumurkan jeruk limau pada daging sebelum diolah. Biarkan sekitar 15-30 menit agar air perasan tersebut meresap dan mengharumkan daging.

Untuk menghilangkan bau dan menambah aroma serta rasa daging kambing, selanjutnya masak daging dengan berbagai rempah. Pilih rempah yang harumnya menusuk hidung, misalnya saja jahe, cengkih, dan kayu manis. Kalau sekiranya masih kurang, boleh saja ditambahkan dengan beberapa buah cabai dan bawang bombay. Sebab rasa pedas juga bisa mengurangi bau prengus pada daging kambing.

loading...