Cara Menghindari Kejahatan Pembiusan Saat Mudik Lebaran

Saat musim mudik lebaran seperti saat ini, aksi kejahatan marak terjadi, salah satunya adalah pembiusan atau hipnotis. Para pemudik sebaiknya berhati-hati saat sedang berada di perjalanan untuk mudik. Usahakan agar Anda bersama teman atau orang yang sudah Anda kenal saat mudik, dengan demikian, Anda dan teman bisa saling menjaga saat di perjalanan.

Untuk menghindari aksi kejahatan saat sedang di perjalanan untuk mudik lebaran, berikut ini tipsnya:

  1. Jangan cepat percaya pada orang yang baru Anda kenal saat di perjalanan.
  2. Jangan mudah menerima makanan atau minuman pemberian dari orang yang baru Anda kenal, karena bisa jadi makanan atau minuman tersebut telah ditambahkan obat bius.
  3. Perbanyak dzikir atau berdoa saat di perjalanan, jangan jalan sendirian, dan saling mengingatkan satu dengan yang lain.
  4. Kenali modus atau cara pelaku pembiusan. Pelaku pembiusan biasanya beraksi di tempat yang ramai pemudik. Caranya dengan berpura-pura mengajak bicara. Setelah merasa akrab, pelaku akan menawarkan makanan atau minuman yang sudah diberi obat bius / tidur. Setelah anda meminumnya, anda akan tidak sadarkan diri, lalu harta anda akan dibawa lari pelaku.
  5. Jika ada masyarakat yang mengetahui korban pembiusan, segeralah laporkan ke kantor polisi atau ke posko keamanan terdekat.

Semoga informasi tips cara menghindari aksi kejahatan pembiusan maupun hipnotis di atas dapat bermanfaat. Selamat mudik, dan semoga selamat sampai tujuan.

loading...