Cara Menjaga Keamanan Akun Jejaring Sosial

Saat ini situs jejaring sosial seperti facebook dan twitter sudah menjadi bagian hidup kita. Bahkan mungkin kita lebih sering berkomunikasi dengan teman melalui situs jejaring sosial daripada secara langsung.

Jejaring sosial sendiri merupakan target menarik bagi pelaku kejahatan karena memberikan banyak informasi pribadi penggunanya secara terbuka. Oleh karena itu kita harus waspada saat mengakses internet khususnya jejaring sosial agar aman dari incaran para penjahat siber.

Berikut ini adalah tips bagaimana caranya untuk menjaga keamanan akun situs jejaring sosial, di antaranya:

1. Hati-hati terhadap informasi yang disebarkan oleh teman-teman di jejaring sosial. Sebaiknya abaikan tautan situs-situs yang dianggap mencurigakan.

2. Gunakan fitur privasi demi melindungi data-data pribadi dari orang yang tidak dikenal.

3. Pakai kata sandi yang kuat. Kata sandi masih merupakan gerbang utama yang penting bagi setiap akun di dunia maya. Gunakan kombinasi alfanumerik serta simbol agar memperumit sandi.

4. Lakukan pembaruan peramban dan sistem operasi karena pengembang aplikasi dan platform biasanya akan selalu memberikan perlindungan terbaru dan memperbaiki sistem keamanannya.

Beberapa antivirus juga biasanya memberikan perlindungan tambahan saat penggunanya sedang mengakses internet.

5. Hapus orang-orang yang tidak dikenal dari daftar teman. Gunakanlah jejaring sosial untuk berbagi dengan orang-orang terdekat demi keamanan.

Semoga informasi cara menjaga keamanan akun jejaring sosial di atas bisa bermanfaat untuk Anda.

loading...