Cara Menyembunyikan Nomor Handphone Saat Telepon

cara menyembunyikan nomor telepon private numberTerkadang karena alasan tertentu kita ingin menyembunyikan nomor panggilan atau melakukan private number dari orang yang kita panggil/telepon. Salah satu cara yang bisa digunakan adalah dengan fasilitas CLIR.

Calling Line Identification Restriction (CLIR) merupakan fasilitas yang ditawarkan operator seluler untuk menyembunyikan nomor telepon saat digunakan untuk melakukan panggilan. Meski fasilitas CLIR banyak menuai kontroversi karena bisa berpeluang untuk tujuan iseng atau telepon teror tanpa bisa diketahui nomor yang melakukan panggilan telepon, namun sebenarnya fasilitas ini juga memiliki manfaat, misalnya bila kita tak ingin identitas nomor diketahui orang lain karena ingin merahasiakan nomor kita kepada orang yang ditelepon.

Saat ini kartu IM3, Mentari, Matrix dan XL Bebas memberikan layanan gratis CLIR, caranya cukup mudah, yaitu dengan perintah #31#(nomer tujuan) lalu tekan OK, maka kita bisa melakukan panggilan dengan identitas tersembunyi. Pada layar handphone penerima hanya akan muncul display info “ID with held”, “Unknown”, “Anonymous” atau “Private number”, tergantung dari tipe handphone yang digunakan si penerima.

Selain dengan cara diatas, kita juga bisa menyembunyikan nomor panggilan melalui menu pengaturan panggilan. Caranya, buka Pengaturan >> Telepon >> Panggilan >> Kirim Nomor ID saya >> Pilih Tidak. (Urutan pengaturan panggilan ini mungkin akan berbeda setiap seri handphonenya)

Fasilitas dan cara menyembunyikan nomor panggilan ini hanya bisa digunakan pada beberapa operator kartu GSM. Sementara untuk operator seperti Telkomsel tidak bisa menggunakan fasilitas ini karena bila kita menggunakan fasilitas ini justru nomor telepon kita tidak bisa digunakan untuk melakukan panggilan keluar.

Bila ingin mengetahui atau menampilkan nomor panggilan yang menggunakan private number, silahkan baca Cara Mengetahui Nomor Telepon yang Menggunakan Private Number atau Nomor Pribadi.

cara private number simpati, cara private number 3, private number simpati, Cara private number kartu 3, cara nelpon private number simpati, cara sembunyikan nomor saat menelpon untuk kartu im3, Cara telepon privat kartu simpati, cara menyembunyikan nomer simpati, cara sembunyikan nomor telkomsel, cara umpetin nomor hp simpati ketika telepon
 

No Comment to “Cara Menyembunyikan Nomor Handphone Saat Telepon”

  1. Fadvel.com says:

    sip infonya siap di coba sob

Leave your comment here:

Share