Cara Merawat Baterai Agar Tahan Lama dan Tidak Cepat Drop

Selain layar LCD, baterai laptop merupakan salah satu komponen penting lainnya yang harus diperhatikan penggunaannya. Tanpa baterai laptop tak dapat bekerja sebagaimana mestinya. Apa jadinya coba kalau laptop tanpa baterai, sama saja seperti komputer PC jadinya.

Ada banyak pengguna laptop mengaku baterainya cepat drop dan tidak tahan lama padahal umur laptopnya baru seumur jagung. Apakah itu benar? Belum tentu. Karena bisa jadi dia tidak melakukan cara penggunaan dan perawatan baterai laptop yang tidak benar.

Berikut ini 5 cara merawat baterai agar tahan lama dan tidak cepat drop:

1. Perhatikan penggunaan dan pengecasan baterai
Jangan tanggung-tanggung mengecas baterai. Caslah hingga penuh 100 persen. Lakukan cas ulang jika baterai benar-benar hampir habis atau kosong.

Lepaskan baterai dari laptop jika Anda tidak menggunakan laptop dalam waktu yang lama. Akan lebih baik jika laptop ditancapkan langsung ke adaptor jika memang Anda akan bekerja dalam waktu yang cukup lama.

2. Kurangi brightness
Kurangi brightness laptop seminimal/seredup mungkin, namun tetap nyaman dipandang mata.

3. Gunakan screen savers ‘Blank’
Screen saver ternyata bisa menguras baterai. Karena itu gunakan screen saver ‘Blank’. Atau bisa juga gunakan warna yang gelap.

4. Kurangi resolusi
Cara lain untuk membuat baterai lebih awet adalah dengan mengurangi resolusi layar dan jumlah warna yang digunakan di laptop.

5. Matikan Wi-Fi
Wi-Fi yang aktif tentu saja ikut memakan konsumsi baterai. Wi-Fi yang aktif akan selalu mencari signal, kerja terus menerus inilah yang membuatnya terus memakan daya baterai.

loading...