Cara Mudah Install Windows 7 dari USB Flashdisk

Tidak semua komputer khususnya jenis netbook mempunyai DVD ROM yang berguna untuk memudahkan proses instalas Windows 7. Sebagai alternatif maka saat akan menginstall Windows 7 kita harus mencari atau pinjam CD/DVD ROM kemudian juga mencari DVD installer Windows 7 terlebih dahulu. Belum lagi nanti jika ternyata DVD installer yang digunakan untuk install Windows kualitasnya sudah tidak bagus lagi. Bisa jadi nanti ditengah jalan berhenti.

Sebagai alternatif paling mudah untuk install Windows 7 adalah menggunakan flashdisk. Selain tidak membutuhkan banyak peralatan tambahan juga mudah dan gampang dibawa kemana-mana. Sebelum melakukan install Windows menggunakan flashdisk, maka yang harus kita lakukan adalah membuat installer Windows 7 agar bisa digunakan untuk booting dari flashdisk. Caranya adalah:

  1. Siapkan flashdisk yang berkapasitas 4-8GB
  2. Format terlebih dahulu flashdisk anda dengan format file system NTFS
    Cara Mudah Install Windows 7 dari Flashdisk
  3. Siapkan DVD Instalasi windows 7, copy seluruh file yang ada pada master windows 7 ke flashdisk yang sudah kita siapkan tadi
  4. Cari file BOOTMGR kemudian rubah namanya menjadi NTLDR. File BOOTMGR letaknya paling luar dalam master instalasi windows 7
  5. Sekarang flashdisk sudah siap digunakan untuk melakukan install windows 7.

Selanjutnya untuk menginstall Windows 7 menggunakan flashdisk yang kita lakukan adalah mengubah cara booting komputer. Kita bisa ubah pengaturan first boot ini melalui BIOS, untuk setiap merk komputer biasanya berbeda-beda, jadi silahkan baca buku panduan atau manualnya.

loading...