Cara Mudah Melakukan Custom Domain Blogspot ke Domain Pribadi di Name.com

Custom domain atau memindahkan domain blog (semoga paham maksud saya) di blogspot ke domain pribadi seperti .com .net .org .info dan ekstensi domain lainnya sebenarnya sangatlah mudah, namun begitu bila belum pernah mungkin akan mengalami sedikit kesulitan karena belum pernah melakukannya. Saya sendiri setelah beberapa kali melakukan proses coba-coba dan beberapa kali melakukan kesalahan akhirnya berhasil juga melakukan custom domain atau pindah domain dari blogspot.com ke domain pribadi dengan ekstensi.com yang diregister di name.com.

Bagaimana cara custom domain dari blogspot.com ke domain pribadi?

Berikut ini saya berikan panduan cara custom domain blog yang tadinya menggunakan akhiran blogspot.com menjadi hanya berakhiran .com saja dengan register domain di name.com

1. Login ke akun name.com.
2. Klik nama domain yang akan di gunakan.

cara-custom-domain-blogspot3. Ubah name server domain ke name server default. Pastikan name servernya adalah ns1.name.com, ns2.name.com, ns3.name.com dan ns4.name.com. Selain itu posisi domain juga dalam keadaan tidak terkunci, lihat pada gambar diatas.

setting-dns-management-untuk-custom-domain-blogspot4. Klik “DNS Record Management“. Isi semua data seperti Record Type (isi: CNAME), Record host (isi: www), Record Answer (isi: ghs.google.com) dan juga TTL (isi: 1800). Setelah itu klik “Add Record“. Kembali ke pengaturan domain.

cara-custom-domain-blogspot-ke-domain-pribadi-di-name.com5. Klik “URL Forwading“. Isi semua data seperti Point to: isi denganURL blog di blogspot, Using: isi dengan tipe redirect yang diinginkan (saya gunakan 301). Setelah itu klik “Update

6. Proses pengaturan di akun name.com sudah selesai. Sekarang kita masuk ke akun blogger. Pilih blog yang akan di arahkan ke domain utama kita.

7. Klik “Settings” > “Publishing

cara-setting-custom-domain-blogspot8. Pada kolom “Your Domain” isi nama domain kita, misalnya www.kumpulan-cerita.com (jangan lupa tulis juga www) kemudian klik “Save Settings“.

Selesai. Silahkan coba ketikkan di address bar browser nama domain utama Anda. Jika belum bias atau ada error silahkan tunggu saja, biasanya tidak sampai 1×24 jam sudah bisa diakses secara normal.

Semoga tulisan tentang cara setting custom domain blogspot.com ke domain pribadi di name.com ini bermanfaat.

loading...