Daftar 10 Mesin Pencari Alternatif Selain Google

Tak dapat dipungkiri, Google adalah pemimpin dalam dunia internet, khususnya mesin pencari. Apapun bisa dengan mudah kita dapatkan di Google. Sayangnya semakin lama hasil pencarian Google semakin jelek dan tidak akurat, banyak situs-situs spam yang berisi auto generate content berada di halaman pertama Google. Hal ini menjadikan banyak orang kecewa dengannya. Akhirnya, karena kekecewaan tersebut banyak pengguna internet coba untuk mencari alternatif mesin pencari yang memberikan hasil pencarian yang akurat.

Berikut ini adalah daftar 10 mesin pencari atau search engine alternatif selain Google yang bisa bisa anda gunakan dan coba:

daftar search engine alternatif selain google

Bing
Bing adalah situs mesin pencari dari Microsoft yang sebelumnya bernama Live Search, Windows Live Search, dan MSN Search.

IxQuick
Search engine ini merupakan salah satu dari sedikit search engine yang tidak memiliki hasil pencarian dari Google di mana hal tersebut membuat hasil pencarian yang lebih relevan. Selain memiliki keunggulan memberikan hasil pencarian yang relevan, Ixquick juga memiliki keunggulan untuk dapat dimodifikasi (customize). Pada halaman websitenya, tersedia opsi konfigurasi yang tidak dimiliki oleh kompetitornya, seperti pengaturan font, keyword highlighting on / off toggle, SSL on / off toggle.

Startpage
Anda dapat menggunakan Startpage untuk mencari web secara anonim dan melindungi privasi Anda. Selain itu Startpage hanya menunjukkan jumlah terbatas hasil disponsori relevan pada bagian atas dan bawah dari halaman hasil. Anda bahkan dapat menambahkan Startpage ke browser Anda.

DuckDuckGo
DuckDuckGo sangat memperhatikan privasi, DuckDuckGo tidak melacak keberadaan teman-teman, juga tidak menyimpan informasi pribadi seperti alamat IP atau agen pengguna, bahkan memungkinkan teman-teman menggunakan parameter URL bukan cookies untuk menyimpan pengaturan.

Dogpile
Merupakan mesin metasearch yang memungkinkan Anda untuk secara bersamaan melakukan pencarian tidak hanya di Google, tetapi juga Bing dan Yahoo.

Metacrawler
Merupakan mesin pencari meta yang mencari dan memberikan hasil pencarian dari Google, Bing dan Yahoo. Dengan mengakses beberapa search engine untuk setiap query, dapat menyediakan hasil yang lebih relevan daripada menggunakan mesin pencari tunggal.

Blekko
Blekko membantu menghilangkan spam dari hasil pencarian dengan memungkinkan Anda untuk menggunakan tag slash untuk memberikan hasil yang relevan. Misalnya, Anda dapat mencari dengan tag slash “/windows” untuk mendapatkan hasil yang sesuai diinginkan dengan Windows.

Wolfram Alpha
Wolfram Alpha sebenarnya bukan search engine, tapi lebih tepat disebut computational knowledge engine. Karena wolfram alpha tidak melakukan pencarian informasi pada halaman web layaknya search engine. Bila mesin pencari lain hanya dapat menampilkan informasi yang tersedia bebas di web, Wolfram Alpha memanfaatkan kumpulan data yang sudah dilisensi dan dinilai para pakar, serta informasi offline.

Ask.com
Situs yang satu ini sangat cocok untuk Anda yang senang mencari informasi detil mengenai sesuatu. Memiliki kemampuan menguraikan lebih banyak data serta menampilkannya di kolom hasil pencarian. Ketika menggunakan Ask, maka algoritma pada mesin pencari tersebut segera bekerja dan mencoba memberi jawaban pada halaman hasil. Menariknya, di sini Ask juga menampilkan link lain yang masih memiliki hubungan relevan.

Gigablast
Gigablast adalah salah satu search engine yang menggunakan meta keywords sebagai salah satu metode pengindeksan. Gigablast versi pertama dilaunching pada tahun 2002. Secara cepat dikenal sebagai search engine yang sangat efisien. Dalam 2 tahun terakhir Gigablast telah mengalami revamping, redesigning, dan re-architecting pada fungsi search-nya dan di “re-launch” pada tahun 2008 dengan tujuan menyediakan kepada user sebuah serach engine yang high-quality dan highly-relevant.

mesin pencari selain google, situs pencarian selain google, Alamatpencarian selain google, mesin pencarian selain google
 

No Comment to “Daftar 10 Mesin Pencari Alternatif Selain Google”

  1. No Comment yet. Be the first to comment...
Leave your comment here:

Share