Fitur Andalan yang Ada di BlackBerry 10

Fitur Andalan BlackBerry 10Saat perhelatan BlackBerry World di Orlando, Amerika Serikat, Selasa (1/5/2012, Research In Motion (RIM) dengan bangga memamerkan sistem operasi mobileterbaru mereka.

Beberapa fitur baru BlackBerry 10 coba di demonstrasikan oleh RIM. CEO RIM Thorsten Heins lebih menekankan penggunaan sistem operasi itu dalam hal aplikasi dan multitasking.

Setidaknya, ada 3 hal yang menarik dari BB10, yang berbeda dengan sistem operasi sebelumnya.

1. Full Layar Sentuh
Salah satu hal yang paling membedakan BB10 dengan sistem operasi BlackBerry sebelumnya, yaitu pengguna yang ingin beralih aplikasi tidak harus kembali terlebih dahulu ke tampilan layar utama.

Pengguna dapat melihat dan memilih aplikasi yang berjalan di background dengan cara menarik menu dan window dari samping layar. Perpindahan antar aplikasi dengan “smooth”, tanpa jeda.

2. Keyboard Virtual
Saat keyboard virtual BB10 digunakan untuk mengetik, keyboard akan memprediksi kata berikutnya yang akan Anda ketik. Kata-kata prediksi yang disebut RIM sebagai word suggestionsini, akan muncul di atas tombol huruf awal kata tersebut.

Jika Anda ingin menggunakan kata prediksi itu, maka tinggal menyentuh sambil menariknya ke atas. Jumlah kata prediksi yang muncul akan berbeda setiap waktunya, bisa 3 kata, 5 kata, atau bahkan lebih.

3. Kamera
Ada fitur yang menarik pada kamera BlackBerry 10 Dev Alpha. Yakni kemampuannya untuk menangkap momen yang terlewatkan sehingga momen yang ditangkap foto tampak sempurna. Thorsten Heins menyebutnya continuous autofocus. Dengan software OS BlackBerry 10, memberikan kemampuan untuk seolah mengulang momen dan memperbaiki ‘cacat’ pada foto.

Nampaknya, BB10 memang didesain untuk menandingi iPhone, Android dan Windows Phone yang didominasi oleh perangkat berlayar sentuh.

Pihak RIM mengatakan, BB10 akan tersedia pada akhir tahun 2012. RIM telah memastikan bahwa tablet BlackBerry PlayBook akan mendapat BB10.

Namun, RIM belum mengumumkan smartphone BlackBerry tipe apa saja yang mendukung dan bisa di-upgrade ke BlackBerry 10.

loading...