Fitur dan Link Download Windows 8 Consumer Preview

Download Link Windows 8 Consumer PreviewWindows 8 adalah sebuah perubahan generasi dalam sistem operasi Windows. Ini pengimanijasian kembali Windows. Sistem operasi (OS) yang dirancang semirip mungkin untuk penggunaan di komputer dan perangkat tablet PC itu akan menjadi pesaing bagi sistem operasi Android buatan Google dan iOS dari Apple. Windows 8 juga mengadopsi tampilan susunan aplikasi yang ditata secara berpetak-petak di layar utamanya.

Sesuai yang dijanjikan oleh pihak Microsoft, Windows 8 Consumer Preview akhirnya dirilis. Diklaim Microsoft, Windows 8 Consumer Preview memberikan pengalaman yang lebih kokoh, setelah Windows 8 Developer Preview yang dihadirkan akhir tahun lalu. Versi Developer Preview sendiri telah diunduh lebih dari tiga juta kali.

Windows 8 Consumer Preview atau dapat kita sebut sebagai Windows 8 versi beta ini dapat digunakan oleh publik secara gratis sampai versi finalnya tersedia. Namun, karena sifatnya masih uji coba, Microsoft tidak menjamin semua program atau proses komputasi dapat berjalan dengan baik.

Untuk menggunakannya, silakan download lebih dahulu file installer dari halaman ini, http://preview.windows.com/.

Beberapa Fitur yang Ada di Windows 8 Consumer Preview

1. Internet Explorer
Internet Explorer konon sudah mengalami perubahan yang cukup signifikan. Melalui browser ini pengguna bisa berselancar di internet dengan cepat, serta mendapatkan pengalaman baru dengan sistem navigasi yang berbeda.
Untuk kembali ke halaman yang sebelumnya, pengguna hanya perlu menggeser ke kanan atau kiri, sedangkan untuk memperbesar bisa dilakukan hanya dengan double clik.

2. App Bar
Seperti diketahui bahwa Windows 8 memiliki antar muka baru yang mereka sebut Metro Style. Navigasi pada sistem operasi ini sangat berbeda, pengguna bisa menemukan sederet aplikasi hanya dengan menggeser bar dari bawah ke atas.

3. Toko Aplikasi
Ketika dirilis nanti Windows 8 akan memiliki toko aplikasi sendiri yang mereka sebut Windows Store. Konsepnya mirip dengan yang ada di Android, iOS, dan smartphone lainnya.

Untuk menikmati fasilitas ini pengguna harus memiliki akun Microsoft. Konon di dalamnya sudah ada beberapa aplikasi dan game menarik yang bisa dinikmati secara gratis selama periode Consumer Preview.

4. Layanan Cloud
Mungkin ini adalah generasi Windows pertama yang sudah memiliki beberapa layanan berbasis cloud computing. Di dalamnya sudah ada penyimpanan cloud untuk email, kalender dan kontak. Namun sayang, Microsoft Office sepertinya belum tersedia pada versi Consumer Preview ini.

5. Serba Geser
Mungkin ini adalah fitur yang paling menyenangkan di Windows 8. Pada versi Consumer Preview pengguna sudah dimanjakan dengan sistem navigasi serba geser (sliding). Geser untuk berpindah aplikasi, geser untuk melihat aplikasi apa saja yang sedang aktif, dan lainnya.

Tertarik mencicipinya? Pastikan dulu koneksi internet Anda lancar. Sebab file instalasinya cukup besar yakni 2,5 GB untuk versi 32bit dan 3,3 GB untuk 64bit.

loading...