Ingin Tahu Fitur iOS 6? Ini Dia Fitur Unggulan yang Ada di iOS 6

Melalui ajang Worldwide Developers Conference (WWDC) di San Francisco, Amerika Serikat, Apple akhirnya secara resmi merilis sistem operasi terbarumereka, iOS 6. OS ini akan tersedia di iPhone, iPad, iPod Touch dan Apple TV.

Sejak iOS diperkenalkan tahun 2007, iOS memang secara rutin memberikan update iOS setiap tahun.

Namun pihak Apple menjelaskan bahwa update iOS 6 ini hanya bisa tersedia di generasi iPhone 3GS ke atas, iPad 2 dan iPad baru (iPad 3), iPod Touch generasi keempat serta Apple TV. Selain itu ada kemungkinan juga bawa beberapa fitur ini juga nantinya tidak akan tersedia di semua produk Apple. Untuk sementara, Apple merilis iOS 6 dalam versi Beta.

12 Fitur Unggulan yang Ada di iOS 6

Beberapa fitur unggulan yang ada di iOS 6 adalah:

1. Peningkatan Siri
Aplikasi perintah Siri telah ditingkatkan, termasuk bisa menerima perintah dalam bahasa China dan Korea serta beberapa bahasa lain

2. Telepon
Di bagian depan ponsel, Apple menambahkan fitur baru, seperti bisa langsung membalas SMS tanpa perlu mengetik pesan (quick messages). Ini memudahkan pengguna saat tidak bisa melakukan panggilan kembali.

Ada juga mode “Don’t Disturb” (jangan diganggu) yang memungkinkan pengguna mematikan semua panggilan yang masuk, pesan dan jadwal. Namun masih memungkinkan menerima panggilan pada orang-orang yang dikehendaki (tidak masuk dalam daftar hitam).

Menariknya lagi, pengguna bisa mengatur saat orang lain melakukan panggilan kepada kita selama dua kali dalam periode tertentu, maka panggilan kedua akan langsung diterima.

3. Integrasi Facebook
Di versi iOS5, Twitter telah terintegrasi. Saat ini, giliran Facebook yang muncul di iOS 6.

Integrasi ini memungkinkan pengguna Apple bisa terintegrasi dengan kontak Facebook dan notifikasi untuk pesan di Facebook.

Untuk menulis status di Facebook pun tidak perlu membuka aplikasi, cukup seperti menulis sms biasa, kemudian klik post.

Selanjutnya teman-teman di Facebook juga bisa melihat aplikasi di App Store yang disukai (Like). Begitu juga bisa melihat kalender teman-teman yang sedang ulang tahun secara otomatis.

4. Face Time
FaceTime adalah suatu aplikasi yang diciptakan untuk pengguna perangkat iOS yang mempunyai fungsi sebagai Video Calling.

Dengan menggunakan FaceTime, seluruh pengguna perangkat ciptaan Apple, seperti iPad 2, iPhone 4 atau 4S, iPod Touch, dan Mac, dapat terhubung dan saling berinteraksi secara langsung.

Contohnya, saat pengguna menerima panggilan pesan ke iPhone, maka pengguna bisa menjawabnya di Mac atau iPad.

5. Bisa berbagi foto
Untuk berbagi foto, Apple telah memperkenalkan layanan “Share Photo Streams” sejak tahun lalu. Pengguna juga dapat men-tag teman di foto, seperti di layanan foto Facebook, sehingga teman-teman juga akan dapat foto tersebut.

6. Guided Access
Fitur ini memungkinkan pengguna untuk selektif menonaktifkan bagian-bagian tertentu saja dari aplikasi atau tombol hardware tertentu. Hal ini dimaksudkan untuk pemakaian perangkat oleh pengguna dengan kebutuhan khusus.

7. Passbook
Apple akan membenamkan fitur baru, Passbook. Fitur ini memungkinkan pengguna mendapatkan akses dalam satu tempat, seperti boarding pass, reward card, tiket film dan hal-hal lain yang bisa dilakukan dengan barcode ponsel.

8. Safari
Browser Safari ini telah di-update dengan menambahkan iCloud tabs (meski berbeda tampilan dengan di Chrome). Saat mencoba di model landscape, pengguna bisa membuka browser layar penuh.

9. Mail
Untuk pengiriman surat (khususnya email), pengguna iOS 6 sudah bisa menambahkan (attachment) video dan foto.

10. Lost Mode
Memungkinkan pengguna untuk mengirimkan nomor telepon ke perangkat yang hilang. Siapun yang menemukan perangkat tersebut, bisa langsung menelpon balik nomor tersebut (itupun jika yang menemukan perangkat adalah orang baik dan bermaksud mengembalikan perangkat yang ditemukannya).

11. Tinggalkan Google Maps
Apple sudah mulai meninggalkan Google Maps dan akan fokus mengembangkan fitur Maps secara mandiri.

Untuk itu, Apple telah mengakuisisi perusahaan bernama C3 Technologies yang bergerak di bidang teknologi peta 3D atau yang disebut FlyOver, yang bisa menampilkan kota secara 3D di seluruh dunia.

12. Fitur khusus China
Khusus pasar China, Apple akan secara spesial menambahkan integrasi Baidu, Sina Weibo, Tudou dan Youku (situs jejaring sosial terbesar di China).

Apple juga menjanjikan perbaikan input teks China, sekaligus kamus built in bahasa China.

loading...