Inilah 5 Tips Cara Aman Belanja Online

toko-belanja-onlineBelanja merupakan kegiatan yang selalu dilakukan untuk memenuhi kebutuhan disetiap waktu, apalagi diakhir tahun atau menjelang hari raya, seperti lebaran, natal, ataupun libur tahun akhir tahun.

Dengan meningkatnya perkembangan teknologi, berbelanja pun bisa dilakukan secara online tanpa harus bertatap muka langsung dengan penjualnya. Tinggal pilih barang yang ditawarkan, pesan dan bayar sejumlah harga yang diberikan maka barang bisa datang dengan sendirinya kerumah.

Aktivitas yang padat masyarakat perkotaan membuat waktu semakin sempit. Termasuk untuk belanja kebutuhan penunjang di rumah tangga maupun dalam berpenampilan. Situs belanja online kemudian menjadi alternatif berbelanja yang praktis, cepat, mudah, dan semakin terpercaya. Penyedia jasa belanja online pun kian beragam, mulai konsep mal online hingga department store online.

Namun berbeda dengan berbelanja secara konvensional, konsumen diharapkan ekstra teliti dan waspada saat melakukan belanja secara online, mengingat pertumbuhan malware tahun ini begitu gencar dan semakin kompleks. Untuk para online shopper, agar Anda tidak merasa tertipu dan tetap aman berbelanja, ikuti beberapa tips belanja online berikut ini:

1. Bookmark lah situs belanja online resmi yang dapat dipercaya. Hindari menggunakan mesin pencari untuk mencari barang-barang yang Anda inginkan untuk meminimalisir kemungkinan Anda tertipu oleh situs jahat atau scam. Anda bisa mencatat alamat situs resminya dari iklan mereka di media atau informasi sudah terpercaya lainnya.

2. Hati-hati saat Anda mendapatkan kiriman penawaran barang dan diskon besar melalui email. Rata-rata email spam seperti ini membawa link palsu dan attachment yang isinya bisa jadi akan menginfeksi komputer Anda. Jangan terburu-buru meng-klik link yang disertakan atau mendownload file Attachment yang disertakan dalam email.

3. Cek dan verifikasi kembali jika Anda dikirimi penawaran yang tidak masuk akal melalui notifikasi SMS, email, Facebook, atau Twitter, sebelum meng-klik sebuah link promosi. Anda bisa menelepon layanan pelanggan situs belanja tersebut untuk memastikan penawaran atau promosinya sedang berlangsung

4. Periksa ulang kembali untuk halaman pembayarannya. Jika pembayaran melalui pihak ketiga (eBay atau PayPal) pastikan Anda berada pada alamat yang benar, jangan sampai data kartu kredit Anda dicuri dan disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Ada baiknya pilihlah situs belanja yang menggunakan sistem transfer antar bank atau pembayaran langsung (cash on delivery) dengan debit atau kartu kredit.

5. Jika Anda termasuk penggila belanja, tidak ada salahnya menginstal software keamanan yang bisa memblok aksi para peretas dan menjamin Anda masuk ke dalam situs belanja yang aman. Penggunaan antivirus atau software untuk sistem keamanan dikomputer sangat disarankan untuk mengatasi hal yang demikian. Jangan lupa, lakukan update database pada Andtivirus yang Anda gunakan secara berkala.

loading...