IsMyLcdOK – Cara Mudah Cek Dead Pixel di LCD Monitor

Seperti yang kita ketahui, masalah terbesar perangkat monitor LCD adalah dead pixel. Dead Pixel adalah pixel yang “tidak menyala” atau tidak aktif sehingga menyebabkan adanya spot atau titik di layar LCD yang cukup mengganggu bila Dead Pixel terlalu banyak jumlahnya. Dan biasanya bila LCD sudah ada dead pixel-nya lama kelamaan akan semakin banyak muncul dead pixel-nya, bisa berbentuk garis, blank separuh atau pada bagian tertentu dan bahkan bisa jadi layar LCD benar-benar tidak bisa menampilkan gambar lagi.

Tidak hanya pada LCD lama, pada LCD yang baru kta beri pun terkadang sudah ada dead pixel-nya, bila beruntung maka dead pixel tersebut tidak melebar, namun jika sedang apes beberapa bulan saja sudah membuat mata Anda tidak nyaman melihat LCD monitor tersebut.

Oleh karena itu saat kita baru membeli LCD kita harus benar-benar teliti. Untuk pertama kali mungkin bisa kita cek secara manualdengan mata telanjang, ada tidak titik hitam di LCD tersebut. Selanjutnya bisa kita cek pada saat komputer nyala, dengan mencoba memberikan background 1 warna (ex: putih) untuk mengetahui ada tidaknya titik hitam (dead pixel) di LCD.

Cara untuk mengecek dead pixel lainnya adalah dengan menggunakan bantuan software, salah satu software yang bisa digunakan adalah IsMyLcdOK. Software ini merupakan software portabel dan dapat dijalankan tanpa harus di install di komputer Anda. Cukup ekstrak file tersebut dan menjalankannya dari folder.

Periksa screenshot untuk mengetahui bagaimana tampilannya.

IsmylcdokKemudian tekan tombol angka apa saja pada keyboard Anda untuk mendapatkan warna yang sesuai untuk mengisi layar Anda (untuk fungsi tombol/angka keybord akan ditampilkan saat menjalankan software) selanjutnya Anda bisa lebih mudah mengecek apakah ada dead pixel atau tidak. Itu saja, cara yang sangat sederhana dan efektif untuk memeriksa monitor anda untuk pixel mati.

Software IsMyLcdOK ini dapat berjalan pada sistem operasi Windows 7/Server 2008/Vista/2003/XP/ 2000/Me/NT/ 98.

loading...