Ketahui 5 Ancaman Serangan Malware di Smartphone Anda

virus-smartphoneSerangan cyber terhadap perangkat smartphone semakin meningkat. Selain karena makin banyak dipakai orang dan juga sarat dengan segala macam informasi pribadi, namun juga karena penggunanya sendiri yang masih kurang begitu memperhatikan proteksi di smartphone yang digunakannya.

Banyak pengguna yang belum terlalu sadar dengan keamanan ponsel karena smartphone dianggap sudah cukup aman dan kebanyakan serangan malware ditujukan ke perangkat mobile berbasis Android. Padahal, kenyataannya tinggal demikian, hanya tinggal menunggu waktu saja.

Selain informasi pribadi, data-data seperti nomor kontak dan email rekanan bisnis juga menjadi sasaran empuk pencurian data.

Berikut ini adalah 5 Ancaman Malware di Smartphone yang mungkin akan menyerang ponsel anda:

  1. Trojan perbankan, yang dirancang untuk mengumpulkan informasi perbankan Anda lalu kemudian informasi tersebut digunakan untuk menguras rekening bank Anda.
  2. Malware yang dirancang untuk mengirim pesan teks ke layanan SMS premium tanpa sepengetahuan Anda sehingga tagihan Anda membengkak.
  3. Spyware yang dapat memanen informasi apa saja yang Anda ketikkan. Bahkan dapat merekam percakapan telepon lalu memforwardnya ke hacker.
  4. Kode Quick Response (QR), sebuah kotak hitam-putih yang muncul di segala macam iklan, juga berisiko terhadap keamanan. Sebagai contoh, perusahaan keamanan Internet Kaspersky Lab baru-baru ini melaporkan bahwa mereka telah menemukan kode QR yang terhubung ke pesan teks/website berbahaya.
  5. Jebakan link berbahaya atau penipuan yang meminta Anda untuk memberikan informasi pribadi melalui phishing scam yang diarahkan ke ponsel Anda.

Mulai sekarang, cobalah berpikir dan mencoba untuk menambahkan aplikasi security tambahan untuk menjaga agar anda terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

loading...