Lima Alasan yang Bisa Menyebabkan Pengguna Twitter Dipenjara

Tifatul Sembiring: Lima Alasan yang Bisa Menyebabkan Pengguna Twitter DipenjaraBanyaknya pengguna Twitter yang menggunakan nama dan foto palsu serta banyaknya kicauan pengguna Twitter yang dapat merugikan pihak lain menjadi perhatian khusus Menteri Komunikasi dan Informatika, Tifatul Sembiring.

Tifatul mengingatkan bahwa tweeps yang tak bertanggung jawab bisa dikenakan pasal yang terdapat di Undang-Undang (UU) Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dengan ancamannya mulai 7-12 tahun kurungan penjara.

Secara terperinci, Tifatul menyebutkan bahwa ada lima tindakan yang dapat membuat seorang pengguna Twiiter bisa dituntut secara hukum.

  1. Pornografi
  2. Gambling (judi)
  3. Ancaman
  4. Penipuan
  5. Blasphemy (penodaan terhadap agama)

Jika ada pelanggaran secara signifikan, pengguna Twitter akan diproses sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku. Saat ini pemerintah telah melakukan sosialisasi agar para pengguna Twitter melakukan aktivitasnya di jejaring sosial secara bertanggung jawab.

Untuk pihak yang merasa dirugikan atas aktivitas seseorang di Twitter bisa melaporkannya ke pengelola situs jejaring sosial. Dengan demikian, akun yang bersangkutan dapat segera ditutup.

loading...