Manfaat Semangka Bisa untuk Mencegah Sakit Jantung

Tak salah jika banyak orang menyukai buah semangka. Buah semangka, selain menyegarkan karena banyak mengandung air dan manis rasanya, buah semangka ternyata juga sangat baik untuk mencegah seseorang terkena sakit jantung.

Semangka, buah dengan nama latin Citrullus Lanatus ini bisa dikonsumsi begitu saja, diolah menjadi jus tanpa gula, atau bisa juga menjadi teman dalam semangkuk salad buah. Semangka juga bisa dikonsumsi kapan saja, baik saat dingin malam hari atau sedang terik saat siang hari.

Menurut hasil penelitian, mengonsumsi buah semangka bisa membantu menghentikan penumpukan kolesterol berbahaya dan juga membantu mengendalikan berat badan Anda.

Para peneliti melakukan studi terkait dengan manfaat semangka untuk kesehatan jantung manusia. Meskipun riset tersebut dilakukan terhadap tikus percobaan, peneliti menemukan hasil bahwa tikus tinggi lemak yang diberi ekstrak semangka mampu mengurangi kolesterol jahat di dalam tubuh. Seperti diketahui, LDL atau kolesterol jahat bisa menyebabkan penyumbatan arteri dan juga penyakit jantung.

Para peneliti dari Purdue University, AS, tersebut mengamati bahwa mengonsumsi semangka secara teratur bisa membantu mengontrol berat badan yang pada akhirnya mengakibatkan berkurangnya timbunan lemak di dalam pembuluh darah.

Para peneliti mengklaim, bahwa senyawa yang bernama citrulline dalam semangka merupakan senyawa yang berperan besar terhadap risiko terkait jantung.

loading...