Mengenal Google Penguin, Algoritma Baru Pengganti Google Panda

Google kembali memperbarui algoritma pemeringkatan dasar pada mesin pencariannya untuk meningkatkan hasil pencarian yang semakin up to date. Algoritma baru Google yang sekarang ini adalah bernama Google penguin. Alghoritma Google pinguin adalah pengganti Google panda, nama algoritma Google sebelumnya.

Pada update algoritma yang terbaru ini Google menambahkan perubahan terbaru yang berefek pada sekitar 35 persen pencarian Google. Salah satu karyawan Google, Amit Singhal dalam postingan blognya menyebutkan pembaruan algoritma ini dilakukan mengingat begitu pentingnya kecepatan penyampaian informasi di zaman sekarang.

Google Penguin adalah

Dengan algoritma baru, Google akan memprioritaskan hasil pencarian terbaru soal peristiwa yang sedang terjadi. Jadi ketika ada event sepak bola misalnya, Google akan memprioritaskan berita terbaru untuk ditaruh di deretan teratas hasil pencarian.

Perubahan Algoritma ini di tujukan untuk antispam atau memberikan hasil yang lebih baik di hasil pencarian dan menghukum mereka yang melakukan ‘Spam’ di Internet.

Salah satunya di sebut juga sebagai ‘Webspam algorithm update’. Update ini menghukum website yang menggunakan banya iklan di bagian ‘above the fold’ dari sebuah halaman web.

Update lain adalah untuk web yang banyak menggunakan teknik webspam, membeli paid link, dsb.

Untuk mengetahui apakah website anda terkena Penguin atau tidak, anda bisa melihat dari Analytics tool website anda dan lihat perubahan traffic di tanggal 24 April.

loading...