Musibah Runtuhnya Jembatan Kutai Kartanegara

Ambruknya Jembatan Kutai Kartanegara mengagetkan dan menjadi topik hangat perbincangan orang. Jembatan terpanjang di Kalimantan yang menghubungkan Tenggarong kota dengan Tenggarong seberang tersebut ambruk pada, Sabtu (26/11/2011) sekitar pukul 16.20 WITA. Jembatan tersebut merupakan salah satu penghubung penting jalur lintas darat Samarinda dengan Balikpapan, Kalimantan Timur. Jembatan sepanjang 1050 meter itu ambruk hampir tanpa sisa.

foto-gambar-jembatan-kutai-kartanegara-atau-mahakam-ambruk

Tidak ada yang menyangka, lalu lintas saat itu sedang sangat ramai. Tak cuma itu, puluhan warga juga sedang menikmati sore yang indah di pinggir jembatan yang bernama Jembatan Kutai Kartanegara itu. Tiba-tiba saja, bruk, jembatan ambrol. Mobil-mobil dan kendaraan yang sedang melintas pun berjatuhan ke sungai.

Hingga saat ini belum bisa dipastikan berapa jumlah korban dari kejadian tersebut, namun setidaknya sudah teridentifikasi ada 4 korban meninggal dan 18 luka yang dirawat dirumah sakit. Sementara kerugian materil ada puluhan mobil dan motor yang tercebur kedalam sungai saat jembatan ambruk.

Jembatan Kutai Kartanegara terbilang masih baru, karena baru selesai dibangun pada pada tahun 2002. Belum bisa dipastikan apa penyebab ambruknya jembatan. Namun seperti yang disampaikan oleh saksi mata kepada VIVAnews yang melihat malapetaka itu, Yohanes Kopong Tuan, ambruknya jembatan itu bisa jadi disebabkan sering tertabrak sejumlah kapal ponton ketika mengangkut hasil batu bara. Kata dia, sejak itu besi dan tiang jembatan mulai goyang. Upaya perbaikan jembatan pun, sambung Yohanes, baru dilakukan saat ini.

Ponton atau tongkang adalah suatu kapal dengan lambung datar, digunakan untuk mengangkut barang dan ditarik dengan kapal tunda.

Ratusan tim SAR dikerahkan untuk mencari para korban yang sampai saat ini belum ditemukan. Sementara para ahli dari Persatuan Insinyur Indonesia (PII) juga siap melakukan investigasi untuk melakukan penyelidikan mencari penyebab ambruknya Jembatan Kutai Kartanegara tersebut.

Menurut Wakil Bupati Kutai Kartanegara M. Ghufron, Jembatan Kutai Kartanegara ambruk saat badan jembatan sedang diperbaiki. Akan tetapi, belum bisa dipastikan apakah proses perbaikan itu yang menjadi penyebab robohnya Jembatan Kutai Kartanegara.

Berikut ini adalah video saat Jembatan Kutai Kartanegara ambruk dari video amatir dari VIVAnews

loading...