Panduan Cara Membuat Kode QR (Quick Response)

Panduan Cara Membuat Barcode QRKode QR atau biasa dikenal dengan istilah QR Code merupakan bentuk evolusi kode batang dari satu dimensi menjadi dua dimensi. Penggunaan kode QR sudah sangat lazim di Jepang Hal ini dikarenakan kemampuannya menyimpan data yang lebih besar dari pada kode batang sehingga mampu mengkodekan informasi dalam bahasa Jepang sebab dapat menampung huruf kanji. Kode QR telah mendapatkan standardisasi internasional dan standardisasi dari Jepang berupa ISO/IEC18004 dan JIS-X-0510 dan telah digunakan secara luas melalui ponsel di Jepang.

Dengan kode QR, siapapun dapat menyimpan data dengan ukuran besar seperti gambar atau teks.

Saat ini kode QR sudah sering digunakan oleh banyak perusahaan dan bahkan individu yang ingin berbagi hal tergantung kebutuhannya masing-masing. Bahkan kode QR sudah dapat dibuat sendiri dengan mengunjungi situs qrstuff.com dan dibawah ini terdapat panduan membuatnya.

1. Pilih tipe data yang ingin dibuatkan kodenya. Di situs qrstuff, terdapat 19 jenis data yang dapat dikonversi menjadi kode QR.

2. Setelah itu masukan konten dari data tersebut.

3. Biasanya kode QR memiliki warna hitam dengan latar belakang putih, namun pengguna bisa memilih sesuai selera warnanya di bagian menu Foreground Colour.

4. Setelah selesai, kodenya bisa diunduh, dicetak, atau dikirim ke email.

Semoga informasi tentang cara membuat kode QR diatas dapat bermanfaat untuk anda.

loading...