Penyebaran Worm Baru di Facebook Menggunakan Video Palsu Katy Perry dan Mantan Suaminya, Russell Brand

Beberapa waktu yang lalu sebuah worm baru di Facebook kembali muncul. Virus (worm) tersebut menggunakan sebuah video palsu penyanyi Katy Perry dan mantan suaminya, aktor Russell Brand untuk mengelabui pengguna. Hal ini diungkap oleh PandaLabs.

video-katy-perry-and-russell-brand

Ketika pengguna mengklik link video tersebut, mereka akan langsung dibawa ke halaman Facebook palsu di mana mereka diundang untuk men-download plug-in untuk menonton video. Pada halaman tersebut terlihat bahwa ada lebih dari 4.000 orang yang telah mengklik tombol “Like” yang sebenarnya itu merupakan tipuan untuk mengelabuhi calon korban agar percaya dan mau mengklik link tersebut.

Saat pengguna mencoba untuk memutar video tersebut, worm akan bertindak berbeda disetiap browser yang digunakan. Di Internet Explorer, worm akan menampilkan sebuah halaman verifikasi usia untuk mengakses sebuah aplikasi bernama “X-Ray Scanner”.

Kemudian, sebelum pengguna dapat mengambil tindakan lain, browser akan langsung membawa mereka ke sebuah situs penipuan yang khas di mana mereka diminta untuk memasukkan nomor telepon. Namun, jika hal itu dilakukan, maka korban akan mulai menerima pesan teks (sms) premium yang tidak diinginkan.

Di browser Firefox dan Chrome bahkan lebih serius lagi. Worm akan menginstall plug-in di browser dan menggunakannya untuk posting scam untuk ‘teman’ dari para korban.

Social engineering adalah senjata pilihan para penjahat cyber untuk menyebarkan aksi mereka melalui sosial media. Fakta bahwa pengguna sendiri tidak sadar mengirimkan link berbahaya ke teman memfasilitasi distribusi malware lebih mudah dilakukan karena orang lebih cenderung untuk mengklik link yang diterima dari sumber yang dapat dipercaya. Ada banyak kasus serupa di masa lalu. Tahun lalu misalnya, lebih dari 80.000 pengguna menjadi korban scam dengan mengeksploitasi kematian Steve Jobs.

loading...