Perubahan URL Domain Blogspot atau Redirect Domain Blogspot

Perubahan URL Domain Blogspot atau Redirect Domain BlogspotSelama ini yang kita tahu bahwa semua blog di blogspot adalah berekstensi atau berakhiran .COM misalnya downloadbestwallpapers.blogspot.com. Namun seperti yang saya tulis sebelumnya tentang fitur-fitur baru di Blogger, Blogger juga melakukan perubahan yaitu redirect domain blogspot berdasarkan masing-masing negara pengaksesnya.

Jadi anda jangan kaget bila nanti menemukan blog yang ternyata tidak berakhiran blogspot.com namun mungkin yang anda temukan adalah blogspot.in atau blogspot.com.au atau mungkin juga ekstensi lainnya. Perubahan atau redirect ini bisa kita lihat jika kita mengakses blog dari negara yang mengalami perubahan URL oleh Google.

Ada 15 negara yang mendapatkan perubahan atau redirect domain blogspot, yaitu:
India [blogspot.in], Australia [blogspot.com.au], UK [blogspot.co.uk], Japan [blogspot.jp], New Zealand [blogspot.co.nz], Canada [blogspot.ca], Germany [blogspot.de], Italy [blogspot.it], France [blogspot.fr], Sweden [blogspot.se], Spain [blogspot.com.es], Portugal [blogspot.pt], Brazil [blogspot.com.br], Argentina [blogspot.com.ar], Mexico [blogspot.mx]

Efek Negatif atau Kekurangan dari Pembagian Domain Blogspot Berdasar Negara

Seperti yang saya baca dari labnol.org, dengan adanya perubahan atau redirect domain blogspot ini maka akan mengakibatkan beberapa efek samping seperti:

  1. Statistik jejaring sosial seperti Like Fb, Google Plus dan Twitter akan berbeda-beda karena beda negara yang mengakses maka beda pula permalink yang dibukanya
  2. Akan terjadi problem atau masalah terkait perubahan ini bila kita menggunakan kotak komentar dari pihak ketiga (semisal komentar facebook dan disqus)
  3. Jika kita tidak menggunakan pengaturan canonical URL yang benar, maka sangat dimungkinkan akan terjadi duplikat konten.

Bila anda merasa kurang senang dengan adanya perubahan atau redirect domain blogspot dan anda ingin agar blog anda tetap berakhiran .COM, anda bisa menambahkan potongan script dibawah ini ke template yang digunakan.

Silahkan masuk ke dashboard blog kemudian klik Template dan pilih Edit HTML >> Proceed. Selanjutnya copy-paste script code dibawah ini kedalam tempate setelah tag <head>.

Terakhir klik tombol “Save Template” dan sekarang blog anda akan selalu menggunakan URL blogspot.com.

loading...