ProEject – Simple Utility to Eject and Dismount a USB Device Safely & Quickly

ProEject-screenshootTerkadang jika USB Flashdisk atau harddisk eksternal sudah terserang virus maka ketika akan dikeluarkan (eject) dari komputer akan selalu pesan bahwa masih ada aplikasi yang sedang berjalan pada USB Flashdisk atau harddisk eksternal tersebut. Hal ini biasanya merupakan ulah dari virus komputer yang secara terus-menerus mengeksekusi perintah yang dibuat oleh programmer virus tersebut. Karena proses eksekusi inilah maka kita tidak bisa mengeluarkan (eject) USB Flashdisk atau harddisk eksternal.

ProEject merupakan aplikasi portable sederhana yang sangat berguna yang memungkinkan Anda untuk menutup atau melepas (eject) flashdisk, harddisk eksternal serta removable drive maupun usb drive lainnya dan menghentikan aplikasi atau jendela (window) yang sedang berjalan atau masih terbuka, serta membersihkan registry dan folder dari jejak apapun di USB drive yang mungkin masih tertinggal.

Anda bisa menempatkan aplikasi ProEject ini pada usb atau drive yang sama maupun berbeda yang nantinya ingin Anda keluarkan (eject). Dengan mudah ProEject akan mengeksekusi dan mematikan semua proses yang sedang berjalan di drive yang akan Anda eject. Sesederhana itu.

ProEject akan menghapus jejak program di bagian MRU (paling terakhir digunakan) dari Windows Registry, serta entri yang dibuat dalam “Run on Startup” key. Selain itu ProEject juga akan memeriksa shorcut yang dibuat pada SendTo, Recent, Quick Launch, Pinned (hanya pada windows 7) serta windows firewall.

Untuk menggunakan aplikasi ProEject ini juga sangat mudah,

  1. Download terlebih dahulu aplikasi portable ProEject (ProEject.zip)
  2. Jalankan dengan cara double click pada file ProEject.exe
  3. Akan tampil sebuah jendela menu (lihat gambar diatas)
  4. Pilih dan klik drive atau USB device yang akan dilepas (eject)
  5. Klik More options >> Eject
  6. Selesai. Silahkan lepas drive atau flashdisk Anda

Semoga bermanfaat.

loading...