Smartphone Android Anda lemot? Ini cara mengatasinya

Smartphone dengan platform Android memang sedang menjadi trendan banyak digunakan. Hal ini wajar karena selain sebagai OS populer, Android memiliki banyak aplikasi dan konten mulai dari pekerjaan sampai hiburan. Namun ada juga beberapa ponsel yang suka lemot, bermasalah, atau memiliki kendala ketika digunakan.

Cara Mengatasi Smartphone Android yang Lemot

Untuk mengatasi smartphone Android yang lemot, cobalah beberap tips di bawah ini.

1. Widget
Widget yang terlalu banyak dan sering melakukan update konten dan informasi di dalamnya membuat ponsel berpotensi mengalami lemot. Widget membutuhkan sejumlah kapasitas tertentu dari RAM sehingga semakin banyak widget digunakan semakin besar pula jumlah kapasitas RAM yang disedot.

2. Live Wallpaper
Live Wallpaper yang menyediakan animasi bergerak (gif) yang menarik sebagai tampilan ponsel akan memberatkan kinerja ponsel karena wallpaper terus bergerak dan juga terus menerus diulang. Ganti saja dengan wallpaper biasa agar ponsel tidak lemot.

3. Aplikasi
Menjalankan banyak aplikasi sekaligus bisa menjadi penyebab kinerja ponsel melambat. Kurangi beberapa aplikasi yang aktif atau sedang berjalan, atau maksimal jalankan tiga aplikasi saja secara bersamaan.

4. Auto Rotate
Auto Rotate berguna untuk melihat aplikasi di ponsel dalam bentuk horisontal maupun vertikal. Namun bila tidak diguanakan, sebaiknya matikan saja karena fitur ini akan membuat kinerja ponsel melambat.

5. Auto Brightness
Auto brightness dapat memberatkan performa smartphone dan juga menguras daya baterai. Ini karena sensor cahaya pada ponsel Android membuat perangkat bisa mengetahui intensitas cahaya yang diterima sehingga secara otomatis akan menentukan kecerahan layar.

6. microSD
Slot microSD dapat melegakan RAM sehingga dapat menyimpan aplikasi dalam memori luar. Hal ini lebih baik ketimbang mengandalkan memori internal yang sudah tidak sanggup menampung aplikasi dan memperlambat kinerja ponsel.

7. Factory Reset
Upaya terakhir untuk mengembalikan ponsel seperti semula sehingga membuatnya seperti smartphone ‘baru’ adlah dengan melakukan factory reset. Namun jangan lupa untuk mem-backup semua data di dalam ponsel agar tidak hilang.

loading...