SMS Gratis Akan Dihentikan Mulai 1 Juni

Cara SMS GratisSelama ini mungkin banyak dari pengguna ponsel yang menerima sms spam atau sms iklan tentang promosi poduk seperti pulsa, handphone, blackberry atau lainnya. Dan ini seringkali membuat kita jengkel. Banyaknya SMS iklan seperti itu salah satunya adalah disebabkan oleh fasilitas sms gratis yang disediakan oleh operator seluler.

Namun jangan khawatir, sebentar lagi anda mungkin tidak akan lagi menerima sms iklan seperti itu. Kementerian Komunikasi dan Informatika menyatakan interkoneksi SMS berbasis biaya mulai diberlakukan pada 1 Juni nanti.

Seperti yang dikutip dari tempo.com, skema sms yang sebelumnya berdasarkan Sender Keep All (SKA) tidak berlaku. Metode SKA biasanya dijadikan ajang promosi operator selular untuk memberikan SMS gratis ke operator lain.

Dengan demikian, operator pengirim pesan memperoleh pendapatan, sementara operator penerima mendapatkan trafik.

Perubahan skema menjadi berbasis biaya (costbased) ini merupakan tindak lanjut dari Peraturan Menteri Kominfo No 08/PER/M.KOMINFO/02/2006 tentang Interkoneksi yang menyebutkan penyelenggaraan interkoneksi harus berdasarkan biaya.

Perubahan ini untuk menciptakan iklim yang sehat bagi industri telekomunikasi, terutama bagi jaringan yang digunakan untuk menyalurkan trafik SMS. Kebijakan ini diharapkan bisa mendorong pertumbuhan investasi dan pembangunan infrastruktur jaringan baru.

loading...