SMS Gratis Ditiadakan, Tapi Tetap Diperbolehkan Kalau Ada SMS Gratis Antaroperator

Sms Gratis, Stops SMS Spam, SMS IklanMulai 1 Juni 2012 sms gratis dihentikan. Namun demikian, meski sms gratis katanya ditiadakan ternyata pemerintah tidak akan melarang jika ada operator yang memberikan layanan gratis sms antaroperator.

Mulai hari Jumat (1/6/2012), layanan pesan singkat atau SMS gratis antaroperator tidak ada lagi. Namun, pemerintah masih memperbolehkan layanan SMS gratis antaroperator sebagai nilai tambahan operator.

Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring menjelaskan kebijakan interkoneksi berbasis biaya memang akan menekan penggunaan SMS gratis antaroperator. Akan tetapi, bila operator masih menginginkan layanan tersebut, pemerintah masih memperbolehkan.

“SMS gratis antaroperator masih diberikan operator, ya silakan. Tidak apa-apa,” kata Tifatul, selepas membuka acara Broadcast and Multimedia Show (BMS) di Balai Kartini Jakarta, Senin (4/6/2012).

Pemerintah masih memperbolehkan pemberian SMS gratis antaroperator karena operator dianggap masih bisa mengambil untung dari suara (voice) dan data (internet). Dengan demikian, keuntungan dari dua layanan tersebut bisa menyubsidi pemberian SMS gratis antaroperator.

Terkait efektivitas pengurangan SMS spam, pemerintah akan menyerahkan mekanisme penerapan kebijakan interkoneksi ke masing-masing operator. Pemerintah hanya membuat regulasinya saja.

“Jika ada saja operator yang masih menawarkan SMS gratis, itu ya terserah operator. Terkait efektivitas mengurangi SMS spam, itu juga wewenang operator,” tuturnya.

loading...