Terlalu Banyak Iklan Bisa Pengaruhi Kualitas dan Rangking Blog di Search Engine Google

meningkatkan-rangking-blog-di-search-engine-googleBeberapa hari yang lalu, “Distinguished Engineer” Matt Cutts menulis tentang halaman baru Google mengenai tata letak peningkatan algoritma di blog resmi Google Webmaster. Singkatnya, jika Anda memiliki iklan yang overloading (loading lama) di atas konten pada situs niche Anda, Anda bisa mendapat masalah. Tapi Jangan Khawatir, Anda dapat mengubah tata letak iklan Anda dan kembali berbisnis. Hari ini, saya akan meninjau beberapa poin yang dibuat Matt Cutts, bagaimana pengaruhnya terhadap niche situs, dan bagaimana menerapkannya.

Google tidak segan-segan memberikan hukuman kepada situs-situs yang menampilkan iklannya secara agresif. Hal ini berarti konten atau isi malah dikesampingkan. Seperti yang dikutip dari nichepursuits.com, yang sebaiknya Anda lakukan adalah:

1. Jangan memasang iklan terlalu banyak di atas konten
Tata letak iklan jenis ini sangatlah agresif dan pada dasarnya tidak mentitikberatkan isi atau konten. Yakni menempatkan 3 iklan atau lebih dan semuanya berada di atas konten. Kabar baiknya adalah bahwa perubahan algoritma terakhir mengatakan “pengaruhnya kurang dari 1% dari pencarian global”.

2. Menempatkan iklan pada tempat yang sewajarnya
Tempat sewajarnya yang dimaksud disini adalah menyebar pada konten, sidebar, ataupun di bagian footer. Ketika seorang pencari mendarat di situs Anda dan kemudian membaca konten, maka porsi yang paling besar memanglah iklan yang letaknya dibawah judul. Namun, jika terlalu banyak iklan disitu, tentu akan membuat overloading.

Google menginginkan menempatkan di pojok kiri atas

Salah seorang pengguna adsense yang telah berpengalaman mendapat email dari google dan menyarankannya untuk meletakkan iklan single di pojok kiri atas. Ini adalah rekomendasi google yang dapat kita manfaatkan. Meski single, namun google meng-highlight-nya sebanyak 50 dari tampilan. Ini menunjukkan bagaimana cara google team bekerja yakni menempatkan maksimal 50% dari tampilan. Lebih dari 50% juga akan menyebabkan overloading.

Bagaimana bekerja dengan situs niche tertentu?

Jika Anda berfikir dengan menggunakan tipe kerja “pasang dan lupakan” lalu berharap pemasukan datang dengan sendirinya, Anda salah besar. Jika google bisa merubah kebijakan rangking dan adsensenya, kenapa Anda juga tidak merubah tampilan situs Anda ?! Jadi, jika Anda memang berniat berbisnis, maka satu hal penting yang perlu Anda lakukan yakni tetaplah fokus. Fokus pada tampilan dan kualitas situs Anda akan membuat Anda bertahan dalam jangka panjang.

Sekarang tinggal anda, apakah anda adalah seorang blogger yang memang ingin mengkususkan blog untuk menghasilkan uang atau sekedar sebagai blogger biasa yang mementingkan kenyamanan pengunjung.

loading...