Tips Cara Menghindari Penipuan Online di Jejaring Sosial dari PandaLabs

cara menghindari penipuan onlineTeknik social engineering banyak digunakan sebagai senjata pilihan oleh para penjahat cyber untuk menyebarkan aksi kejahatan mereka melalui sosial media. Fakta bahwa banyak orang tidak waspada dan hati-hati bila mendapatkan kiriman link atau video dari orang yang dikenal menjadikan distribusi malware lebih mudah dilakukan karena orang lebih cenderung untuk mengklik link yang diterima dari sumber yang dapat dipercaya. Ada banyak kasus serupa di masa lalu. Tahun lalu misalnya, lebih dari 80.000 pengguna menjadi korban scam dengan mengeksploitasi kematian Steve Jobs.

Untuk hal tersebut, PandaLabs memberikan beberapa tips cara menghindari penipuan online di situs jejaring sosial. Berikut ini adalah tips agar anda tidak menjadi korban penipuan online:

  1. Berhati-hatilah dari situs yang menawarkan video sensasional atau cerita yang tidak biasa.
  2. Sebelum Anda mengklik link yang dikirimkan oleh salah satu kontak Anda, pastikan itu benar-benar dikirimkan oleh teman Anda dan bukan dari spammer atau virus.
  3. Jangan menerima permintaan teman dari orang yang tidak Anda ketahui. Ini akan membantu menjaga keamana privasi Anda.
  4. Selalu menjaga sistem operasi komputer Anda dan browser web agar selalu up to date, dan pastikan Anda memiliki solusi antivirus yang terinstal dan selalu up-to-date.

Namun, jika Anda merasa curiga bahwa komputer anda telah terkena virus, hal yang anda lakukan adalah:

  1. Periksa plug-in browser plug-in dan hapus semua yang mencurigakan.
  2. Periksa aplikasi yang memiliki izin untuk mengakses account Facebook, hapus jika sekiranya tidak perlu.
  3. Ubah password akun Facebook. Jika Anda menggunakan password yang sama terhadap akun dari layanan lainnya diinternet, segera lakukan perubahan password. Hal ini untuk mencegah dari hal-hal yang tidak diinginkan.
loading...