Tips Cara Buka Password Android

Suatu ketika anda lupa password atau pola kunci smartphone Android, apa yang anda lakukan? Apakah langsung dibawa ke tempat service?

Saat kita lupa password ataupun lupa pola kunci dari smartphone atau tablet Android, jangan buru-buru panik dan membawanya ke tempat service. Karena masih ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk membuat perangkat Android tersebut.

Setidaknya ada tiga cara yang bisa dilakukan untuk membuka Android bila lupa password. Berikut caranya buka password Android :

cara buka password android

Pertama
Ini adalah cara yang paling umum yang kebanyakan orang lakukan saat lupa password, yaitu dengan memilih opsi forget password. Bila menggunakan cara ini, maka anda akan diminta untuk mengisi data akun Google,seperti alamat email dan tentu saja password-nya. Namun pastikan bahwa Android anda bisa terhubung dengan internet, entah itu pakai koneksi kartu atau WiFi.

Kedua
Bila ternyata Android anda tidak bisa terhubung dengan internet, maka anda harus menggunakan opsi kedua. Opsi kedua ini yaitu anda akan membutuhkan smartphone Android lain untuk melakukan panggilan (telepon) ke perangkat Android anda yang terkunci. Setelah panggilan masuk, jawab, namun jangan dimatikan.

Selanjutnya, tap tombol Home dan masuk ke setting dan aktifkan internet. Cara ini digunakan untuk menghubungkan perangkat ke internet yang nantinya bisa lakukan untuk menjalankan langkah pertama, masukkan alamat email dan kata sandi Google.

Ketiga
Bila cara pertama dan kedua tetap tidak bisa dilakukan, maka gunakan solusi terakhir, yaitu dengan cara melakukan reset data melalui recovery mode. Untuk cara melakukan recovery mode ini mungkin saja akan berbeda tiap Android, tergantung dari merk atau jenis Android yang digunakan.

Secara umum ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk masuk ke mode recovery ini Namun yang harus anda pertama lakukan untuk masuk mode recovery adalah mematikan perangkat Android.

Selanjutnya tekan dan tahan tombol ‘volume up’ (untuk memperbesar suara) dan tombol ‘power’ (untuk menghidupkan Android) secara bersamaan selama beberapa detik (3-5 detik) lalu lepas.

Atau mungkin coba cara lain, yaitu dengan menekan tombol ‘volume down’ dan tombol ‘power’ bersamaan. Atau bisa juga dengan menggunakan kombinasi dari tombol ‘volume up’, ‘home’ dan ‘power’.

Selanjutnya setelah masuk recovery mode, pilih ‘Data/factory reset’, lalu pilih “Reboot system now’.

Bila anda beruntung, maka dengan cara terakhir ini Android anda akan bisa digunakan lagi tanpa anda harus memasukkan password atau pola penguncian.

Selamat mencoba dan semoga berhasil.

loading...