Tips Cara Memilih Menu Untuk Berbuka Puasa yang Sehat

Cara Memilih Menu Buka Puasa yang SehatBuka puasa seringkali dijadikan sebagai ajang untuk balas dendam setelah perut kosong selama seharian. Berbagai jenis makanan yang dihidangkan di meja makan pun dilahap semuanya tanpa sisa. Hasilnya, perut menjadi terasa begah. Kerja pencernaan pun menjadi berat dan akhirnya mata jadi mengantuk, sholat tarawih pun terbengkalai karena tertidur setelah buka puasa Ramadhan. Jika ini yang terjadi, tentu bukan pahala yang akan anda dapatkan.

Berikut ini adalah beberapa tips memilih makanan untuk berbuka puasa agar puasa kita tetap sehat dan berkah:

1. Saat berbuka pilih menu manis

Rupanya istilah ini tak hanya sekadar slogan dalam iklan. Dahulukan berbuka dengan makanan ringan, terutama yang memiliki rasa manis untuk menetralisir pencernaan.

Setelahnya, Anda dapat menjalankan shalat Maghrib, baru kemudian melahap sajian utama. Dengan begini, perut tidak akan ‘kaget’ karena menyantap makanan dalam porsi banyak sekaligus.

2. Hentikan kebiasaan mengkonsumsi mie instan

Mi memang praktis untuk disantap dan mengenyangkan, tapi dapat membuat perut kembung dan begah. Hasilnya, beberapa jam kemudian Anda akan merasakan mual dan muntah.

3. Hindari makan berlemak

Saat sahur, hindari mengonsumsi cokelat, keju, dan makanan berlemak karena dapat mempercepat pengosongan lambung. Hasilnya, Anda akan merasa lapar hanya beberapa jam setelahnya.

4. Perlambat sahur dan segerakan berbuka

Berpuasa selama 14 jam merupakan waktu yang pas bagi pencernaan untuk mengolah makanan. Walau secara fisik Anda mampu berpuasa lebih lama, namun efeknya tidak baik bagi pencernaan.

loading...