Tips Cara Menghemat Baterai Kamera Digital

Cara Merawat Baterai Kamera DigitalAda banyak momen yang tidak ingin kita sia-siakan sehingga kita harus mengabadikannya dalam sebuah jepretan foto. Kamera digital biasa dibawa kemanapun kita pergi, apalagi bila hobi photograpgy.

Kita tentu tidak ingin dibuat jengkel saat dimana kita ingin mengabadikan momen terbaik ke dalam sebuah gambar, namun ternyata baterai pada kamera sudah sangat lemah. Agar hal ini tidak sampai terjadi maka kita perlu membawa baterai cadangan. Meski demikian itu tidak cukup, ada baiknya kita untuk berusaha menghemat penggunaan baterai kamera. Berikut ini adalah 3 tips cara menghemat baterai kamera digital agar awet dan tahan lama untuk anda:

1. Lakukan pengaturan pada LCD

Dari sekian banyak komponen pada kamera digital, LCD merupakan salah satu bagian yang paling banyak menyedot tenaga baterai. Berbagai produk kamera saat ini sudah memiliki setting untuk mengatur brightness pada LCD.

Jika baterai Anda mulai melemah, segera kurangi tingkat pencahayaan hingga ke level paling rendah. Perlu dicatat bahwa menurunkan brightness akan sedikit menyulitkan Anda saat melihat LCD di bawah sinar matahari.

2. Gunakan fitur ‘Power Saving’

Kebanyakan kamera digital yang beredar saat ini sudah memiliki fitur tersebut. Sesuai namanya, fitur ini akan melakukan berbagai cara untuk meminimalkan penggunaan tenaga baterai.

Anda dapat menemukan Power Saving di salah satu lokasi, misalnya Menu, Setting, atau Option. Kombinasikan fitur ini dengan tips nomor 1 di atas untuk dapat memotret lebih banyak lagi sebelum baterai habis.

3. Lakukan perawatan secara teratur

Apa yang Anda rasakan saat umut baterai kamera Anda telah mencapai satu atau dua tahun? Ya, penurunan kualitas. Dari yang semula mampu bertahan lebih lama kini menjadi lebih cepat habis.

Sebagai perawatan, Anda tidak dianjurkan untuk mengisi ulang baterai saat tenaga di dalamnya masih relatif penuh. Artinya, gunakan dahulu tenaga pada baterai tersebut sampai benar-benar habis.

Jika tidak akan digunakan dalam waktu yang lama, selalu pastikan masih ada daya yang tersisa dalam baterai tersebut. Terakhir, jangan sampai menjatuhkan baterai dari ketinggian berapa pun karena berpotensi merusak polaritas sel di dalamnya.

loading...