Tips Cara Menghemat Listrik

Cara Menghemat ListrikSemakin lama biaya pengeluaran untuk membayar tagihan listrik semakin tinggi. Selain karena tarif dasar listrik yang memang semakin tinggi, peralatan listrik dirumah pun semakin banyak. Dari TV, komputer, seterika, radio/tape, AC, mesin cuci, hair dryer, alat penanak nasi dan lainnya.

Untuk menghemat listrik, mungkin yang kita butuhkan adalah bukan alat penghemat listrik, namun bagaimana cara kita menggunakan peralatan listrik tersebut. Berikut ini adalah tips cara menghemat listrik yang harus anda lakukan:

  1. Jangan menyalakan tv, menyetrika, atau menghidupkan hair dryer atau alat elektronika lainnya secara bersamaan.
  2. Matikan lampu dan peralatan elektronik (lampu, televisi, komputer, stereo, mesin cuci, oven, hingga video game) bila tidak diperlukan: saat makan siang, rapat, pulang kantor, dst. Jangan meninggalkannya dalam keadaan stand-by.
  3. Ganti bohlam lampu dengan bohlam yang hemat energi. Misalnya, bohlam berwarna susu yang dapat menghemat 10 kali lebih baik. Gunakan lampu neon bukan lampu pijar. Lampu neon tidak hanya membantu menghemat lisrik, tetapi juga memberikan pencahayaan lebih baik.
  4. Pintu lemari es harus ditutup rapat dan hanya dibuka seperlunya. Isi lemari es secukupnya. Terlalu penuh akan menghalangi sirkulasi udara pendingin. Sama halnya ketika kita memasukkan makanan/minuman panas. Ini akan membuat kulkas bekerja lebih keras.
  5. Bersihkan bagian bawah setrika dari kerak/kotoran. Setrika otomatis lebih hemat listrik. Atur setrika listrik, sesuai dengan tingkat panas yang diperlukan.
  6. Gunakan mesin cuci hanya ketika cucian sedang banyak-banyaknya. Kemudian keringkan secara alami di bawah terik matahari.
  7. Pertimbangkan untuk membeli laptop dibanding desktop atau personal computer karena laptop lebih hemat 5 kali lipat dibanding desktop. Ketika Anda sudah memiliki desktop dianjurkan menggunakan layar monitor LCD dibanding CRT.
  8. Kurangi penggunaan AC. Daripada menggunakan AC, manfaatkan angin alam. Bukalah jendela lebar-lebar agar anginnya dapat masuk hingga ke dalam rumah.
  9. Pastikan rumah memiliki temperatur yang lebih nyaman. Miringkan arah air conditioner 5 derajat ke atas atau ke bawah dari biasanya. Contoh, jika Anda terbiasa mengarahkan AC sebanyak 70 derajat, ubah ke 75 derajat.
  10. Pasang sesuatu yang dapat mengisolir udara dingin dan panas keluar maupun masuk ke dalam rumah. Cara ini dapat menghemat penggunaan listrik. Cat genteng dengan warna cat yang tidak menyerap panas matahari dapat membantu kondisi dalam rumah dingin tanpa penambahan kipas angin.
  11. Gunakan alat elektronik modern yang berlabel ‘hemat energi’. Ini akan membantu Anda dalam penghematan listrik.
  12. Manfaatkan cahaya matahari dan angin yang alami secara optimal di siang hari. Buka jendela lebar-lebar. Nyalakan lampu saat menjelang sore. Jangan lupa lampu diganti dengan lampu hemat energi. Dan, lampu dijaga selalu bersih supaya terang dengan maksimal.
  13. Bila perlu, atur “energy audit” secara berkala untuk gedung Anda. Para ahli energi akan menganalisa kapan dan dimana saja terjadi pemborosan energi dan apa yang bisa dilakukan agar energi tersebut bisa digunakan secara lebih efisien. Audit ini biasanya gratis. Termasuk audit untuk proses produksi dan kendaraan yang dipakai oleh semua pemakai gedung.

Silahkan tips cara menghemat listrk diatas dicoba dan lihat hasilnya. Semoga bermanfaat.


cara membuat alat penghemat bbm sederhana
 

No Comment to “Tips Cara Menghemat Listrik”

  1. No Comment yet. Be the first to comment...
Leave your comment here:

Share
 
iTV-GEAR.com Search form
harga hp android panasonic terbaru - harga hp china dibawah 500rb - fb bwt bb gemini yg gak lemot - maxron g1 - harga hp sony jadul - harga hp nokia lumia oktober 2013 - video klip mp4 - harga hp sony m2 juli 2014 - harga hp samsung galaxy tablet 3 - harga hp nokia x2 di yogyakarta -