Virus DM: Akun Twitter Tiba-tiba Update Status Sendiri

Serangan terhadap akun jejaring sosial kini semakin bervariasi. Cara terbaru serangan yang dilakukan oleh penjahat cyber adalah dengan menyamar sebagai teman.

Teman korban biasanya akan mendapatkan sebuah pesan (Direct Message) dari akun twitter yang telah terinveksi berisi link berbahaya.

Tujuan pesan tersebut adalah untuk menipu pengguna yang tidak waspada agar mengklik link dan akhirnya komputernya akan terinfeksi.

Ada beberapa kombinasi pesan yang telah diterima. Misalnya saja mengajak pengguna Twitter tersebut untuk melihat video yang di-embedded di Facebook.

Saat link yang ada di pesan tersebut diklik, korban akan dibawa ke sebuah halaman situs yang didesain sangat mirip dengan Facebook. Namun, si korban tidak akan bisa memutar video tersebut. Dibutuhkan update untuk memutar konten video tersebut. Halaman situs tersebut akan terus mengklaim kalau akan menginstall update Flash Player 10.1 ke sistem komputer.

Dalam contoh ini, program palsu yang akan di-download adalah FlashPlayerV10.1.57.108.exe. Sayangnya, bukan update FlashPlayer yang akan mereka dapatkan, melainkan Backdoor Trojan. Anti-virus Sophos mengenal ancaman tersebut sebagai Troj/Mdrop-EML.

Para korban yang terlanjur terkena serangan ini, akunnya akan menyebarkan pesan berbahaya ke akun temannya.
Untuk mengetahui apakah akun atau komputer Anda telah terinveksi virus Direct Message, Anda bisa mengecek update statu twitter lama Anda. Jika telah terinveksi maka biasanya akan ada beberapa status berisi link yang Anda yakini bukan Anda yang menulis status atau pesan twitter tersebut.

Jika komputer Anda telah terinveksi virus Direct Message, maka cara untuk mengatasi virus DM (Direct Message) tersebut adalah dengan segera mengganti password akun twitter. Jangan lupa untuk mengupdate Antivirus dan scan komputer Anda, update juga browser dan beberapa software ke versi yang terbaru.

loading...